Investigasi Pesawat Jatuh di BSD, KNKT Akan Periksa Percakapan Pilot dengan Menara Pengawas

  • Whatsapp
Sejumlah petugas gabungan mengangkut bangkai pesawat latih Cessna 2006 dengan nomor registrasi PK-IFP ke atas truk di kawasan BSD, Tangerang Selatan, Banten, Minggu, 19 Mei 2024. ANTARA/Sulthony Hasanuddin

Jakarta,- Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) akan investigasi dan menganalisa percakapan pilot pesawat capung atau pesawat latih yang jatuh di dekat lapangan Sunburst, BSD Tangerang.

Ketua KNKT Dr Ir Soerjanto Tjahjono menyebut jika pihaknya masih mendalami berbagai informasi tentang pesawat jatuh itu.

“Dilakukan investigasi selanjutnya. Tapi nanti setelah menunggu informasi-informasi yang lain setelah apa yang kita bongkar. Termasuk percakapan dengan menara pengawas, itu nanti kita dengarkan,” kata dia, Minggu, 19 Mei 2024.

Selain menganalisa percakapan pilot dengan petugas menara saat itu, KNKT juga akan memeriksa serpihan pesawat. Hal itu akan membantu pengumpulan data penyebab kecelakaan pesawat latih tersebut.

“Kita mencatat ada mesin yang jatuh di sebelah sana, dan ada baling-baling yang jatuh. Kita juga catat semua posisi-posisinya. Itu nanti dari posisi jatuhnya mencoba bagaimana sikap pesawat ketika terakhir sebelum menabrak pohon,” ujarnya.

Berita terkait