Ketua MPR Dorong Peningkatan Kerja sama Indonesia-Azerbaijan

  • Whatsapp

Jakarta,- Kerjasama antara Indonesia dengan Azerbaijan telah terjalin pada 24 September 1992, antara lain di bidang politik, perdagangan, kunjungan pejabat kedua negara, sosial budaya, pendidikan, serta people-to-people contact.

Mengenai hal itu, Ketua MPR Bambang Soesatyo atau Bamsoet, mendorong peningkatan antara Indonesia dengan Azerbaijan.

Terkini, Kementerian Transportasi Azerbaijan berencana membeli 3.000 unit bus dari PT Powerspark Korea-Indonesia untuk digunakan sebagai salah satu alat transportasi di Azerbaijan.

“Saya mendukung rencana kerja sama pengadaan bus listrik antara PT Powerspark Korea-Indonesia dengan pemerintahan Azerbaijan,” kata Bamsoet usai menerima Dubes Azerbaijan untuk Indonesia, Jalal Mirzayev, di Jakarta, Jumat, 31 Mei 2024.

Bamsoet berpendapat, hubungan diplomatik Indonesia dengan Azerbaijan terus meningkat di bawah pemerintahan Presiden RI Joko Widodo dan Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev.

Sebagai contoh, Indonesia menjadi pemasok minyak sawit mentah, minyak kelapa, bahan kayu, panel berlapis, tekstil, dan kopi bagi Azerbaijan. Sementara, Azerbaijan mengekspor minyak mentah dan produk minyak mentah dari mineral bitumen.

Berita terkait