Zulhas Jamin Perjanjian Dagang RI-Eropa Akan Rampung Juli 2024

  • Whatsapp
Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan (Foto : Dok Kementerian Perdagangan)

Jakarta,- Pembahasan kerja sama Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Uni Eropa (IEU CEPA) kini telah hampir selesai.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan (Zulhas) dalam keterangannya usai rapat dengan Presiden Joko Widodo terkait IEU CEPA di Istana Negara, Jakarta, Selasa (25/6/2024).

Ia menyebut, pembahasan perundingan ini sudah hampir 90 persen dan ditargetkan selesai tahun ini.

“Arahan Bapak Presiden IEU CEPA kita ini sudah 8 tahun enggak selesai-selesai. Tinggal beberapa poin lagi sudah hampir 90 persen,” kata Mendag Zulhas.

“Karena itu diharapkan bulan depan akan ada pertemuan yang ke-19 di Indonesia. Maka pertemuan yang ke-19 besok rampung (IEU CEPA), sehingga perundingan perjanjian IEU CEPA yang 8 tahun itu selesai,” ucapnya.

Selain IEU CEPA, Mendag menyebut, kerja sama ekonomi Indonesia dan Uni Ekonomi Eurasia (Eurasian Economic Union/EAEU) juga hampir rampung. “Begitu juga dengan Eurasia juga hanya beberapa item lagi mudahan-mudahan bisa diselesaikan,” ucapnya.

Sebelumnya, Indonesia dan Uni Eropa telah menyepakati 11 dari 21 isu dalam perundingan putaran ke-18 IEU-CEPA. Hal itu dikatakan Deputi Bidang Koordinasi Kerja Sama Ekonomi Internasional Kemenko Perekonomian Edi Prio Pambudi.

Berita terkait