Presiden Jokowi Ingin Harga Obat dan Alkes di Indonesia Terjangkau

  • Whatsapp
Presiden Jokowi menyatakan sembilan nama yang telah disahkan jadi anggota Pansel KPK berasal dari unsur-unsur dengan proporsi seimbang. (ANTARA FOTO/FIKRI YUSUF)

Jakarta,- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginginkan jajarannya agar harga obat dan alat kesehatan (alkes) di seluruh Indonesia terjangkau.

Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin usai mengikuti rapat dengan Presiden di Istana Negara, Jakarta, Selasa (2/7/2024).

“Pertama, dia (Presiden) ingin agar harga alat kesehatan dan obat-obatan itu bisa sama dong dengan negara-negara tetangga. Kan kita harga alat kesehatan dan obat-obatan mahal,” kata Menkes.

Ia juga mengungkapkan, Kepala Negara mendorong agar industri farmasi dan alkes di Tanah Air dibangun. “Supaya bisa lebih di-resilience (tangguh) Indonesia kalau ada pandemi lagi,” ujarnya.

Dalam rapat tersebut, Menkes-pun memberikan sejumlah masukan agar harga obat-obatan dan alkes terjangkau serta industri kesehatan terbangun. Terkait harga obat dan alkes, menurutnya masih ada inefisiensi dari sisi jalur perdagangannya.

“Yang pertama kita kasih masukan mungkin dari sisi jalur perdagangannya kita itu masih ada inefisiensi. Tata kelolanya juga mesti dibikin lebih transparan dan terbuka,” ucapnya.

Berita terkait