Hari Ini Presiden Jokowi Bakal Reshuffle Kabinet

  • Whatsapp

Jakarta,– Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo atau Jokowi dijadwalkan bakal melakukan reshuffle (perombakan) Kabinet Indonesia Maju pada hari ini, Senin (19/8/2024). 

Hal tersebut dikonfirmasi oleh Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana.

“(Pelantikan) di Istana Negara 09.30 WIB. Para Menteri terkait diundang, keluarga di undang,” katanya saat dikonfirmasi wartawan.

Yusuf mengungkapkan terdapat sejumlah posisi menteri yang akan di reshuffle. Selain itu juga akan ada pergantian kepala lembaga negara dan penambahan wakil menteri, yaitu:

1. Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham)

2. ⁠Menteri ESDM 

3. ⁠Menteri Invetasi

4. ⁠Wakil Menteri Kominfo

5. ⁠Kepala Badan Gizi Nasional

6. ⁠Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan

7. ⁠Kepala BPOM

Selain itu Presiden Jokowi juga akan melantik beberapa pejabat.

Berikut daftar menteri dan pejabat yang akan dilantik besok

1. Menteri Hukum dan HAM: Supratman Andi Agtas

2. Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan: Raja Juli Antoni

3. Menteri ESDM: Bahlil Lahadalia

4. Menteri Investasi Kepala BKPM: Rosan Roeslani.

Hal yang sama disampaikan Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana. “Presiden diagendakan akan melantik beberapa Menteri, Wakil Menteri dan  beberapa Kepala Badan di Istana Negara,” ujarnya.

Ari menyebut perombakan ini dilakukan untuk mempersiapkan dan mendukung transisi pemerintah yang akan datang. “Pengangkatan Menteri, Wakil Menteri dan Kepala Badan diperlukan untuk mempersiapkan dan mendukung transisi pemerintahan agar berjalan dengan baik, lancar dan efektif,” ujarnya.

Berikut daftar menteri dan pejabat yang akan dilantik besok

1. Menteri Hukum dan HAM: Supratman Andi Agtas

2. Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan: Raja Juli Antoni

3. Menteri ESDM: Bahlil Lahadalia

4. Menteri Investasi Kepala BKPM: Rosan Roeslani

Berdasarkan sumber RRI, Menkumham Yasonna Laoly akan digantikan dengan politikus senior Gerindra, Supratman Andi Agtas. Ia sebelumnya merupakan Ketua Badan Legislasi DPR.

Sementara posisi Menteri ESDM Arifin Tasrif dikabarkan akan diganti dengan Menteri Investasi dan Kepala BKPM Bahlil Lahadalia. Sedangkan posisi Bahlil akan diisi oleh Rosan Roeslani (Ketua Tim Kampanye Nasional Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka Pemilu 2024).

Untuk Badan Gizi Nasional akan diisi Prof Dadan Hindayana. Badan Gizi Nasional baru dibentuk melalui Perpres 82/2024 yang diteken Presiden 15 Agustus kemarin.

Sementara itu muncul nama Hasan Nasbi sebagai Kepala Badan Komunikasi Kepresidenan. Kepala Negara juga dikabarkan akan melantik Plt Kepala BPOM Rizka Andalusia sebagai Kepala BPOM Definitif.

Sementara posisi Wakil Menteri Kominfo baru juga dikabarkan akan dilantik. Ia adalah Angga Raka Prabowo. ***

Sumber: rri.co.id

Berita terkait