Hunian IKN Terapkan Daur Ulang Air Limbah

  • Whatsapp
Pembangunan Optimalisasi Hunian Pekerja Konstruksi (HPK) 1 yang sedang dikerjakan pada malam hari (Foto: RRI IKN/ Vemmie Sare Ora)

IKN,- BUMN WK Gedung dan Adhi Karya melakukan optimalisasi Hunian Pekerja Konstruksi (HPK) 1 di Ibu Kota Nusantara dengan STP (Sewage Treatment Plant) atau penerapan daur ulang air limbah.

Tak hanya itu, ada juga pembangunan sarana prasarana olahraga, pembuatan pagar hunian pekerja konstruksi di masing-masing tapak dan tempat parkir.

Project Manager Paket Pekerjaan Optimalisasi HPK 1, Yuliawan Suciasa mengatakan pihaknya membangun WTP (Water Treatment Plant) atau Instalasi Pengolahan Air (IPA).

Ini sarana yang berfungsi untuk mengolah air dari kualitas air yang terkontaminasi yang diolah menjadi standar mutu siap yang digunakan untuk siram tanaman.

“Air buangan STP (Sewage Treatment Plant) yang merupakan sistem pengolahan air limbah domestik yang berasal dari toilet dan air sabun, dapur (wastafel) dan limbah cair laboratorium.  WTP atau pendaurulangan  air yang saat ini merupakan limbah akan difungsikan untuk menyiram tanaman,” ucap Yuliawan.

Berita terkait