Antisipasi Megathrust, BNPB Gelar Simulasi Evakuasi Mandiri di Kabupaten Cilacap

  • Whatsapp
Simulasi Evakuasi Mandiri terhadap gempa yang berpotensi Tsunami di Desa Tegalkamulyan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Kamis (5/9/2024). (Foto: Dok. BNPB).

Jakarta,- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cilacap melaksanakan Apel Kesiapsiagaan dan Simulasi Evakuasi Mandiri di wilayah Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, pada Kamis, 5 September 2024.

Diketahui, simulasi antisipasi mandiri dilakukan sebagai antisipasi menghadapi Megathrust, atau gempa kuat di zona Megathrust yang berpotensi tsunami.

Apel dimulai dengan situasi tenang fajar menyingsing, matahari semakin bergulir tinggi dari ufuk timur. Situasi pagi seperti itu terjadi di sebuah Desa Tegalkamulyan, Cilacap, Jawa Tengah.

Aktivitas warga berjalan semestinya, ada yang hendak melaut, pergi kepasar, bertani dan bekerja. Hiruk pikuk aktivitas para warga nampak sibuk terlihat dari lalu lalang disebuah persimpangan dekat dengan Kelurahan Tegalkamulyan.

“Pada  pukul 10.30  WIB,  tiba-tiba  terjadi   getaran  bumi   yang  kuat  dan dirasakan  oleh  seluruh  masyarakat  di  Kabupaten Cilacap  dan sekitarnya. Di dalam bangunan perkantoran dan fasilitas umum tampak lampu-lampu  gantung,  ornamen  di  dinding  serta  benda  di  atas  meja dan  almari bergoyang-goyang  selama  30 detik  dirasakan.”

Berita terkait