Bawaslu RI Ajak CNE Pantau Pelaksanaan Pilkada 2024

  • Whatsapp
Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja (kiri) dan Presiden KPU Timor Leste (CNE), Jose Agostinho da Costa Belo, seusai penandatanganan MoU pertukaran pengalaman Pemilu, di Jakarta, Rabu (18/9/2024) (Foto: RRI/Josua Sihombing)

Jakarta,- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI mengajak Comissao Nacional de Eleicoes (CNE) atau KPU Timor Leste untuk memantau pelaksanaan Pilkada 2024, terutama saat hari pemungutan suara.

Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja mengatakan bahwa salah satu negara sahabat yang akan diundang adalah Comissao Nacional de Eleicoes (CNE/Komisi Pemilihan Umum Timor Leste).

“Rencananya demikian, tetapi belum ada pembicaraan di antara kami,” kata Bagja di kawasan Gambir, Jakarta, Rabu 18 September 2024.

Rencana itu, menurut Bagja, karena CNE memiliki tugas dan fungsi sebagai pengawas dan penindakan pelanggaran Pemilu di Timor Leste. Sehingga, baik diundang secara langsung ataupun atas permintaan CNE, Bawaslu akan menyambut positif.

“CNE inilah yang melakukan sengketa dan penegakan hukum Pemilihan Umum di Timor Leste. Kalau teman-teman Timor Leste berkenan, ya silakan saja melihat bagaimana proses pelaksanaan penyelenggaraan Pilkada,” ujarnya.

Berita terkait