Indonesia Raih Medali Emas Pertama Paralimpiade 2024

  • Whatsapp
Hikmat Ramdani (kanan) dan Leani Ratri Oktila (kiri) usai menerima medali emas dari cabang olahraga para bulu tangkis nomor ganda campuran klasifikasi SL3-SU5 Paralimpiade Paris 2024 yang berlangsung di Porte de la Chapelle Arena, Paris (Foto: NPC Indonesia)

Paris,- Tepat pada Senin 2 September 2024, Indonesia berhasil meraih medali emas pertama di Paralimpiade Paris 2024 dalam cabang olahraga para bulu tangkis.

Diketahui, medali emas tersebut disumbangkan dari nomor ganda campuran klasifikasi SL3-SU5 yang berlangsung di Porte de la Chapelle Arena, Paris.

Kemenangan ini dipersembahkan pasangan Hikmat Ramdani dan Leani Ratri Oktila. Mereka mengalahkan rekan sesama Indonesia, Fredy Setiawan dan Khalimatus Sadiyah pada partai final.

Pertemuan dua pasangan Indonesia di final ini memastikan medali emas dan perak direbut kontingen Indonesia. Meski demikian, kemenangan ini terasa sangat emosional bagi Leani Ratri Oktila.

Usai pertandingan yang dimenangkannya dengan dua set langsung, 21-16 dan 21-15, Leani tak bisa menahan tangis. Ia senang, namun juga merasa sedih karena harus mengalahkan mantan rekannya, Khalimatus Sadiyah.

Pada Paralimpiade 2020, Ratri dan Khalimatus berhasil meraih medali emas di nomor ganda putri SL3-SU5. Namun, di Paralimpiade 2024, nomor tersebut tidak dipertandingkan, sehingga mereka harus berkompetisi sebagai lawan di nomor ganda campuran.

“Kalau lawannya dari negara lain, mungkin kita akan lebih lepas, tetapi karena ini sudah terbiasa bersama, apalagi di Paralimpiade ini tidak ada ganda putri. Yang seharusnya saya sama Khalimatus, sekarang jadi lawan,” ujar Ratri setelah pertandingan.

Berita terkait