Sri Mulyani : APBN 2025 Dipastikan Telah Akomodir Program Pemerintahan Baru

  • Whatsapp
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (kanan) dan Ketua Banggar DPR RI Said Abdullah (kiri) dalam pernyataan bersama usai pengesahan Undang-Undang APBN 2025 di gedung DPR RI di Jakarta, Kamis (19/9/2024). (Foto: Tangkapan layar video Kemenkeu)

Jakarta,- Sri Mulyani Indrawati selaku Menteri Keuangan (Menkeu) mengatakan bahwa APBN 2025 yang telah disahkan, sudah mengakomodasi berbagai program pemerintahan baru.

Namun, secara menyeluruh tetap mengedepankan kewaspadaan terhadap berbagai risiko global.

“Kita telah melakukan komunikasi dan konsultasi, sehingga APBN 2025 bisa mengakomodasi program prioritas pemerintahan baru. Pada saat yang sama tetap waspada terhadap berbagai risiko,” kata Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam pernyataannya usai pengesahan UU APBN 2025 di gedung DPR RI, Kamis (19/9/2024).

Berbagai risiko tersebut, sambung Menkeu, terkait gejolak geopolitik dan perlambatan ekonomi besar seperti Amerika, Tiongkok dan Eropa. Saat ini juga masih terjadi fragmentasi yang tajam antara berbagai negara, dalam bentuk perang dagang.

Menurutnya, program-program pemerintahan baru yang terakomodasi dalam APBN 2025 antara lain Prpgram Makanan Bergizi Gratis. Serta program pembangunan sekolah unggulan, renovasi sekolah di seluruh Indonesia, pemeriksaan kesehatan gratis, serta program ketahanan pangan dan energi.

“Belanja Kementerian/Lembaga sebesar Rp1.160 triliun telah memasukkan program unggulan pemerintah baru. Makan Bergizi Gratis sebesar Rp71 triliun, renovasi sekolah Rp20 triliun, dan pembangunan sekolah unggulan Rp2 triliun,” ucap Menkeu.

Berita terkait