TNI AL Berangkatkan Satgas Port Visit 2024 Ke Negara Kawasan Pasifik Selatan

  • Whatsapp
KRI Wahidin Sudirohusodo-991 saat bersandar di tanjung Priok. Kapal ini akan menjalani pelayaranmenuju kawasan Pasifik Selatan untuk mengemban misi diplomasi pertahanan (Foto: Dokumentasi/RRI/Anto)

Jakarta,- TNI AL bersama Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI memberangkatkan Satuan Tugas (Satgas) Port Visit 2024 ke negara kawasan Pasifik Selatan menggunakan KRI Wahidin Sudirohusodo-991 (KRI WSH-991).

Mengenai hal itu, panglima Koarmada (Pangkoarmada) RI Lakdya TNI Denih Hendrata melepas keberangkatan kapal di dermaga Kolinlami, Tanjung Priok, Rabu (9/10/2024). Pejabat utama Mabesal, Pangkoarmada III, pejabat Kemhan, Kemenlu, dan Kemenkes RI hadir pada kesempatan itu.

Kapal ini mengemban misi diplomasi pertahanan, untuk meningkatkan perdamaian dengan negara kawasan Pasifik Selatan. Sejumlah negara yang akan dikunjungi antara lain Solomon, Fiji, Vanuatu, dan Papua Nugini.

“Satgas ini sangat berfungsi untuk mengembangkan tugas diplomasi pertahanan. Untuk menguatkan politik bebas aktif bangsa Indonesia yang dikelilingi berbagai negara, Kawasan,” kata Denih.

“Kapal mengembangkan misi damai. Kita juga akan menggelar berbagai interaktif dengan masyarakat atau dengan tentaranya di sana,” ujarnya.

Berita terkait