25 Manfaat Yoga Bagi Kesehatan & Kecantikan

  • Whatsapp
banner 728x90

 

YOGA, Merupakan sebuah olahraga yang mengkombinasikan gerakan bagian tubuh dan membutuhkan konsentrasi, ketenangan, serta kondisi tubuh yang rileks atau santai pada saat melakukannya. Yoga sendiri sebenarnya sudah diperkenalkan sangat lama sekali, kira-kira 2000 tahun sebelum masehi. Nah, pada saat ini yoga merupakan salah satu alternative olahraga yang banyak diminati, karena manfaatnya yang sangat banyak, yoga juga tidak membutuhkan kekuatan fisik prima seperti olahraga lainnya, yaitu berlari, sepakbola, tinju, dan sebagainya.

Siapa yang cocok mengikuti yoga?

Manfaat yoga sebagai olahraga paling cocok dilakukan oleh semua umur tentu sangat penting bagi semua orang. Yoga cocok dilakukan oleh semua usia, jenis kelamin, dan segala kondisi medis (dengan petunjuk dokter). Melakukan yoga sebagai olaraga rutin sangat penting, ia efektif membantu para menula, ibu hamil, serta berbagai keluhan kesehatan lainnya.

Sebenarnya apa saja manfaat yoga ini? Ada banyak sekali. Berikut ini ada 25 manfaat yoga bagi anda semua.

Yang pertama, gerakan-gerakan yang terdapat pada yoga merupakan bentuk gerakan-gerakan tubuh dan anggota badan secara perlahan-lahan. Gerakan badan secara perlahan lahan ini akan membuat tubuh anda menjadi rileks dan santai. Selain itu, biasanya backsound atau suara latar pada saat melakukan yoga adalah suara-suara alam, seperti aliran air atau hembusan udara yang sangat membuat diri anda menjadi sangat rileks. BIsa juga gerakan yoga diiringi dengan music-musik bertempo lambat, yang akan membuat anda menjadi tenang, santai dan rileks pada saat melakukan yoga.

Ketika anda merasa rileks dan tenang saat melakukan yoga, maka ada manfaat lain yang bisa anda peroleh. Anda bisa menghilangkan beban pikiran yang menggangu. Ketika anda melakuukan yoga, seluruh pikiran anda akan dibawa ke dalam alam relaksasi, sehingga banyak pikiran dan emosi negative akan keluar dengan sendirinya, begitu pula ketika anda sedang stress. Cukup melakukan yoga selama beberapa menit, maka anda akan merasakan manfaatnya.

Seperti sudah dijelaskan di awal, yoga membuat anda menjadi rileks dan tenang ketika melakukannya. Nah, efek yang anda peroleh pada saat anda melakukan yoga, akan terus terbawa setelah anda selesai ber-yoga. Hasilnya? Anda akan merasa lebih santai dan tenang dalam menghadapi berbagai macam masalah.

Seperti manfaat-manfaat lain yang dapat anda peroleh ketika anda melakukan suatu olahraga, yoga juga dapat bermanfaat bagi daya tahan dan imunitas tubuh anda. Gerakan-gerakan yoga memiliki hasil yang sama dengan gerakan olahraga.

Maka dari itu, gerakan-gerakan yoga dapat meningkatkan daya tahan dan imunitas tubuh anda, sehingga anda akan mudah terhindar dari berbagai macam penyakit yang menyerang daya tahan atau imunitas tubuh anda. Dengan melakukan yoga, secara otomatis anda akan merasa lebih sehat dan bugar.

Hal ini dikarenakan, selain adanya relaksasi, gerakan-gerakan pada yoga juga menstimulus bagian tubuh anda untuk tetap bergerak secara aktif, sehingga anda akan merasa lebih bugar dari sebelumnya. Sejalan dengan meningkatnya daya tahan tubuh dan imunitas, serta terjaganya kebugaran tubuh, maka otomatis stamina tubuh anda pun akan bertambah.

Gerakan pernapasan dan gerakan-gerakan tubuh yang dilakukan secara rutin pada yoga akan membuat stamina anda bertambah, manfaat ini hampir sama seperti ketika anda berlari keliling lapangan secara rutin. Dari segi emosi, teknik-teknik relaksasi dan gerakan anggota tubuh secara perlahan yang menuntut kemampuan anda dalam mengontrol gerakan diri sendiri, akan berujung pada meningkatnya kemampuan anda dalam menguasai dan mengontrol emosi pada diri anda.

Anda akan menjadi orang yang tidak cepat marah, tidak terburu-buru dalam mengambil keputusan, dan lebih mudah untuk mengontrol emosi anda, baik emosi positif maupun emosi negatif. Ketika berhubungan dengan penguasaan emosi, emosi terbagi menjadi dua. Emosi positif dan negative. Ketika anda melakukan yoga, anda akan dengan mudah dapat mengontrol emosi negative, seperti telah disebutkan sebelumnya. Nah, ketika anda berhasil mengontrol emosi negative anda, maka akan muncul emosi positif dalam diri anda. emosi positif, seperti bahagia, tersenyum, senang dan sebagainya akan muncul dan berkembang ketika anda melakukan yoga.

Hal ini dapat timbul dari proses relaksasi yang anda lakukan pada saat melakukan yoga. Ya, gerakan-gerakan dalam yoga terdiri dari gerakan-gerakan kecil dari anggota tubuh anda. anda dituntut untuk berkonsentrasi penuh agar bisa melakukan gerakan-gerakan yoga tersebut dengan baik.

Selain itu, ketika akan melakukan relaksasi anda juga akan terlatih untuk meningkatkan konsentrasi anda. Konsentrasi akan berbanding lurus dengan kemampuan daya ingat anda. Apabila anda sudah mampu meningkatkan konsentrasi anda, maka dapat dipastikan daya ingat anda pun akan lebih baik setelah melakukan yoga.

Sama dengan berbagai jenis olahraga yang dapat ditekuni, yoga juga dapat bermanfaat untuk memperlancar peredaran darah. Hal ini dapat membantu anda agar terhindar dari beberapa penyakit, seperti jantung dan penyumbatan pembuluh darah.

Bagaimana bisa yoga dapat meningkatkan gairah seksual? Ternyata hal ini dapat terjadi dikarenakan manfaat yoga yang dapat memperlancar peredaran darah. Peredaran darah yang lancer akan membuat hormone-hormon pada diri anda dapat berfungsi secara normal, sehingga yoga bisa bermanfaat dalam meningkatkan gairah seksual anda.

Pada umumnya semua gerakan-gerakan pada semua olahraga akan membantu anda membakar lemak di dalam tubuh anda, begitu pula dengan yoga. Gerakan gerakan yang terdapat pada yoga akan membantu anda dalam membakar lemak di tubuh.

Hal ini dapat anda lihat dari banyaknya keringat yang keluar ketika anda melakukan yoga. Keringat adalah bukti bahwa sedang terjadi pembakaran lemak yang terjadi di dalam diri anda. Ini merupakan salah satu manfaat yang paling sering dicari oleh orang-orang yang melakukan yoga. Menurunkan berat badan. Ya, sebagai bentuk olahraga yang mengkombinasikan berbagai macam gerakan, sudah pasti yoga dapat membantu anda menurunkan berat badan anda. hal ini didapat melalui terbakarnya lemak dan terbentuknya otot sebagai hasil dari melakukan yoga. **

Berita terkait