PELEPASAN SISWA SDN 1 BETELEME

  • Whatsapp
banner 728x90

KEBERHASILAN Pendidikan anak didik, bukan semata-mata ditentukan para dewan guru. Tetapi keberhasilan itu ditentukan anak didik itu sendiri dan motivasi serta dukungan orangtua. Pendidikan harus sejalan bersama-sama  dewan guru dan orangtua. Demikian dikatakan Kepala Sekolah SDN 1 Beteleme, YF Penggele (24/05/2017) Kecamatan Lembo Kabupaten Morowali Utara saat pelepasan siswa kelas enam. Diketahui, jumlah siswa yang lulus di sekolah itu berjumlah 64 anak.

Keberhasilan kelulusan, lanjut Ponggele, adalah peran optimal dewan guru dan orangtua siswa. Kurikulum K 13 keikut-sertaan Ortu dalam tugas dan tanggung jawab anak didik merupakan peran penting dalam pendidikan. Ke depan khusus sekolah. ‘’Jadi selama enam tahun kami mendidik anak anak barangkali ada kesalahan kami pada anak didik dan Ortu mohon dimaafkan, agar ke depan kami para dewan guru akan lebih berusaha meningkatkan mutu pendidikan yang lebih baik lagi,’’ tutut Ponggele lagi. ia berpesan sesudah tamat dari sekolah agar menuntut ilmu yang setinggi tingginya, ‘’Dan gapailah cita citamu kelak berguna bagi nusa dan bangsa,’’ tutupnya.

Acara tersebut dihadiri para Ortu murid kelas enam, Kepala UPTD Lembo Risman Tampatonda diwakili oleh pengawas, para guru-guru SDN 1 Beteleme bersama staf, serta tokoh masyarakat. Dalam kesempatan itu Pengawas UPTD Lembo Boy Supit Sangkalia S.Pd mengatakan UU Nomor 20 tahun 2007 menegaskan bahwa pelaksanaan pendidikan di seluruh wilayah Indonesia mengacu kepada standar pendidikan nasional. Jadi seluruh pendidikan harus melaksanakan ujian akhir yang diikuti oleh anak didik secara bertahap yaitu ujian sekolah dan USBN. ‘’Kalau sudah berhasil tentu akan melanjutkan lagi ke jenjang SMP, melalui nilai nilai yang baik.’’ Boy berharap murid dan orangtua harus sabar menunggu nilai hasil ujian anak didik. ‘’Apalalagi kita ketahui Umat Islam akan melaksanakan ibadah puasa mulai 27 Mei 2017, maka anak didik libur beberapa hari,’’ tuturnya.

Boy menyampaikan  sebagai ortu harus bangga bahwa SDN 1 Beteleme tahun 2016 termasuk peringkat 10 besar dari seluruh sekolah SD yang ada di Morut. ‘’Dewan guru saya harapkan kerja sama yang baik untuk peningkatan mutu pendidikan lebih baik lagi di  Morut.’’ Ujarnya. **

reporter/biro morut: Pariaman tambunan 

Berita terkait