Perpustakaan Keliling Mulai Bidik Ruang Publik

  • Whatsapp
banner 728x90

GERAK CEPAT Dinas Perpustakaan dan Kearsipan belakangan ini, patut mendapat apresiasi.  Setelah, melauncing Gemar Membaca dengan menghadirkan Bupati Poso beberapa Bulan lalu, Dinas yang berkantor di Kelurahan Lombugia itu, akan melauncing ‘Rumah Pintar’ di Kelurahan Sayo. Untuk menjangkau pembaca yang lebih banyak, Dinas yang dipimpin oleh Dr.Wangintowe Tundugi itu, juga mengaktifkan Perpustakaan Keliling.

Ditemui di ruang kerjanya beberapa hari lalu, Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Poso mengatakan, keberadaan perpustakaan keliling diharapkan bisa menembus beberapa desa terpencil, yang jauh dari sentuhan bahan bacaan. Meski demikian, kata Wangintowe, pihaknya juga merespon dinamika masyarakat yang sedang berlangsung.

“Jadi kita tetap mengamati situasi masyarakat, dalam momentum tertentu Pusling bisa hadir di wilayah tertentu karena di sana ada agenda literasi, misalnya dalam pesona budaya dan pariwisata Se-Sulteng yang lalu, kita juga hadir di sana”, urai Wangintowe.

Mantan Kadis Pendidikan dan Kebudayaan itu menambahkan, untuk efektifitas mobilitas Pusling, pihaknya juga berkolaborasi dengan Dinas P&K, demi menghadirkan buku-buku yang lebih variatif. “Jadi secara garis besar melalui Pusling kita membidik 3 sasaran utama yaitu, sekolah, ruang publik, dan komunitas baca lainya”, sebut Wangintowe, optimis bisa bersinergi dengan pegiat literasi lainnya.

Diketahui, sampai saat ini perpustakaan keliling baru memiliki 2 unit kendaraan roda empat yang setiap pekan bergerak untuk mendekatkan buku kepada masyarakat. “Kendaraan kita baru 2 unit, tapi dengan mobilitas yang tinggi, selama ini sasaran kita bisa terjangkau tepat waktu”, pungkas Wangintowe. **

Reporter/biro poso: Darwis waru 

Berita terkait