FPPN II DIHADIRI AKAN PRESIDEN

  • Whatsapp

Palu,- DALAM Rangka mempromosikan Kota Palu kepada Dunia khususnya indonesia dalam hal kekayaan budaya baik itu dari wisata, kuliner dan lain-lain. Pemerintah Kota Palu akan mengadakan event Akbar yaitu Pesona Palu Nomoni Dua, yang akan digelar pada tangal 24 hingga 27 September 2017.  Perhelatan kolosal tersebut akan di hadiri langsung oleh Presiden RI yang akan menutup kegiatan Palu Nomoni Dua pada tanggal 27 September mendatang. Hal ini dirangkum dalam press confrence Pesona Palu Nomoni Half Marathon di Atrium Mall Tatura Palu yang dihadri oleh Wali Kota Palu Drs Hidayat.M.Si, Wakil Walikota Palu Sigit Purnomo, Kadis Pendidikan dan Olahraga DRS. Sumardi dan Event Organizer Half Marathon Rabu (30/8/2017) pukul 19.30 wita.

Dalam penjelasanya Wali Kota Palu mengatakan bahwa Pesona Palu Nomoni jilid Dua yang akan diselenggarakan ini berbeda dari sebelumnya. Ada beberapa item tambahan seperti  pada Pekan budaya Indonesia III, Half Marathon. Untuk pekan Budaya Indonesia pelaksanaanya di Jakarta, namun akhirnya dipindah ke Palu. Berbagai macam kegiatan akan digelar seperti UKM Expo, dialog Nasional seluruh lembaga adat se Indonesia, panggung seni budaya Nusantara, kampung Kaili dan kegiatan tambahan lainya seperti lomba renang menyebrangi Teluk Palu, Fun Bike Marathon, lomba perahu layar, Adventure dan lain sebagainya.

Hidayat juga menambahkan bahwa untuk Half Marathon kali ini akan di Back Up total , bahkan bukan hanya dari dana Pemda saja, namun juga didukung oleh Perbankan, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan sponsor pendukung lainya. Kegiatan Marathon kemarin memang ada Miss Comunication karena tidak adanya anggaran, ” Saya sudah tegaskan jangan dilaksanakan, tapi karena adanya kesalah pahaman akhirnya terjadilah Miss Understanding, tapi untuk tahun ini saya pastikan tidak akan terjadi lagi” pungkasnya. ” Untuk event dialog nasional (Rembug Nasional) akan merekomondasikan hasilnya kepada Presiden, mari kita buktikan kepada seluruh dunia bahwa Palu pantas disebut sebagai Mutiara di Khatulistiwa” ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama Wakil Walikota Palu Sigit Purnama juga mengatakan bahwa ada tiga poin penting yang dibahas malam ini yaitu Pesona Palu Nomoni II, Pekan Budaya Indonesia III dan Half Marathon. Khususnya untuk Half Marathon, total hadiahnya Seratus Empat Juta Rupiah plus Medali. Untuk saat ini sudah tercatat 650 lebih pendaftar. Lebih jauh vokalis band Ungu tersebut menjelaskan prospek dan dampak positif event tersebut terhadap UKM kecil seperti pedagang makanan dan minuman, jasa pengatar (Dokar) dan lain-lain yang data diperoleh tahun kemarin bahwa pendapatan perharinya kurang lebih Satu Juta, ” Banyak dari mereka berkeinginan agar Pesona Palu Nomoni diadakan terus ” ungkapnya.

Sementara itu Kadispora Palu DRS. Sumardi juga menegaskan Pemerintah Kota Palu pada pada event Marathon kemarin menjadi cacat karena adanya kesalah pahaman antara Pemkot dan pihak Event Organizer ( EO). Padahal Walikota sudah menegaskan agar tidak dilaksanakan karena tidak ada anggaran, tapi tahun ini semua sudah klop, ” Persiapan kami saat ini untuk Half Marathon mulai dari baju, alat-alat lomba dan lain-lain sudah 60 persen terpenuhi” jelasnya. **

Reporter: Firmansyah

Berita terkait