Ribuan Masyarakat Gelar Doa Bersama Kenang Korban Balaroa

  • Whatsapp

Ribuan masyarakat Kota Palu yang bermukim di sekitar Perumahan Nasional Balaroa dan sekitarnya melaksanakan zikir akbar, bertempat di Jalan Manggis, Sabtu (28/09/2019).

Zikir akbar mengenang setahun bencana alam gempa bumi-tsunami dan likuifaksi dibumi Tadulako berlangsung sekitar pukul 16.00 melalui pembacaan Yasinan dan Tahlil serta ayat suci Al-Qur’an lainnya dipandu Habib Saleh.

Ketua Forum Dr Abd Rahman Kasim dlm sambutannya, menceritakan kronologis kejadian pada detik-detik sebelum terjadinya gempa.

Saat itu menjelang magrib, dirinya bersama seorang rekannya tengah mengambil air wudhu guna melaksanakan sholat Maghrib, tiba-tiba terjadilah gempa yang menyebabkan dirinya terjatuh. Akibat gempa, likuifaksi dan tsunami itu pula ribuan nyawa jadi melayang.

Sementara itu, Gubernur Sulawesi Tengah, Drs H Longki Djanggola, M.Si dengan penuh haru menyampaikan duka mendalam atas bencana gempa bumi, tsunami dan likuifaksi yang telah merenggut ribuan nyawa.

“Kullu nafsin saikatul maut, semua yang bernyawa pasti akan merasakan mati. Meskipun kita dalam keadaan berduka, akan tetapi kita harus bersyukur masih diberi kesehatan dan kekuatan oleh Allah SWT,” sebut gubernur

Gubernur pada kesempatan itu pula memberikan apresiasi atas penyelenggaraan do”a dan zikir bersama untuk menyampaikan do’a bagi mereka yang mati sahid saat bencana kiranya dapat diterima segala amal ibadah dan diampuni segala dosanya.

“Bagi kita yang masih diberikan kesehatan kiranya harus bersyukur dan instropeksi diri atas kejadian tersebut, kita juga harus tetap tabah dan segera bangkit dalam menyongsong kehidupan yang lebih baik.

Gubernur juga menyatakan pihak pemerintah senantiasa berupaya akan memperbaiki semua yang hancur.

Ditegaskannya, tidak ada pemerintah yang mau membuat segalanya terbengkalai, dan selaku pemerintah gubernur akan berupaya memberikan yang terbaik bagi masyarakat.

“Marilah bersama kita bergandengan tangan dan membangun Kota Palu dan Sulawesi Tengah,” pungkas gubernur.

Zikir dan do’a bersama dilanjutkan dengan ceramah agama oleh Habib Saleh yang menyampaikan agar kita senantiasa mencintai lima hal serta melupakan lima hal

Gubernur Sulawesi Tengah bersama Habib Saleh dan perwakilan Kementerian agana serta mewakili Walikota Palu dan pihak terkait lainnya melaksanakan sholat Maghrib secara berjamaah.

Usai pelaksanaan sholat dilanjutkan dengan pemutaran film dokumenter terkait bencana tsunami, gempa bumi dan likuifaksi setahun yang lalu.

Sumber: Biro Humas dan Protokol Pemprov Sulteng

Berita terkait