GEMPABUMI TEKTONIK M 5,6 LANDA LAUT SULAWESI

  • Whatsapp

Kamis, 24 Oktober 2019 pukul 20.38.18 WIB wilayah Laut Sulawesi diguncang gempa tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempabumi ini berkekuatan M=5,6 yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi M=5,7.

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 1.11 LU dan 124.22 BT , atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 34 km arah Timur Laut Kota Lolak, Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara pada kedalaman 251 km.

Jenis dan Mekanisme Gempabumi:

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat subduksi lempeng laut Maluku. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik (Thrust Fault).

Dampak Gempabumi:

Guncangan gempabumi ini dirasakan di daerah di Bitung III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu), Luwuk, Halmahera Tengah, Halmahera Selatan, Banggai, Taliabu II-III MMI dan Kotamobagu, Tondano, Bolaang Mongondow Timur, Gorontalo II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.

Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI. ***

Sumber: BMKG

Pos terkait

banner 580x60