Bupati Toli-Toli Meminta Ancaman Bencana Alam Selalu di Waspadai

  • Whatsapp
(Tim Liputan Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tolitoli) Foto: FADLI TANGAHU, A.Md

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tolitoli melaksanakan Pelatihan Tanggap Daruruat Bencana kegiatan Logistik dan Peralatan Bencana yang dibuka secara resmi oleh Bupati Tolitoli diwakili Sekretaris Daerah Drs. Hi. Mukaddis Syamsuddin, M.Si, pada Senin pagi (17/11) di Aula Hotel Bumi Harapan Tolitoli.

Tujuan pelatihan ini untuk memberikan pengetahuan tentang tanggap darurat bencana kepada peserta sehingga diketahui bagaimana menyelamatkan diri, keluarga dan orang lain pada saat terjadi bencana dan mengetahui apa yang harus dilakukan pada saat tanggap darurat.

Muat Lebih

Ketua Panitia penyelenggara Tati Rochajati. SP.,S.Pt mengatakan pelatihan yang dilaksanakan selama dua hari ini, diikuti 60 orang peserta terdiri dari masyarakat, staf, siswa dan mahasiswa yang ada di Kabupaten Tolitoli

Bupati Tolitoli dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah Drs Hi. Mukaddis Syamsuddin, M.Si mengatakan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia merupakan daerah rawan bencana, tak terkecuali Kabupaten Tolitoli ini, ancaman bencana alam seperti gempa bumi, tanah longsor, banjir, kekeringan, cuaca ekstrim, gelombang ekstrim, kebakaran hutan dan lahan,  wajib selalu diwaspadai.

Dalam menghadapi meningkatnya risiko bencana beberapa tahun mendatang maka diperlukan kerja sama BPBD dalam perencanaan matang yang sifatnya terpadu, terkoordinasi dan menyeluruh yang menggambarkan kondisi ideal dalam penanggulangan bencana.

Gempa besar yang baru saia terjadi di wilayah Jailolo Provinsi Maluku Utara dengan magnitudo 7,1 skala richter bisa jadikan pelajaran agar benar-benar waspada akan kejadian-kejadian yang tidak diketahui kapan datangnya.

Salah satu upaya yang harus dapat dipastikan sebagai bentuk kewaspadaan kita adalah adanya dukungan sumberdaya, sumber dana, logistik dan peralatan yang dimiliki oleh BPBD sebagai perangkat daerah yang memiliki kompetensi dalam penanggulangan bencana.

Sementara itu Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Nur Alam, Hi. Abdullah, ST menyampaikan, para peserta pelatihan diharapkan peka dan peduli terhadap penanggulangan suatu kondisi yang tidak stabil dan tidak nyaman terhadap suatu peristiwa disebabkan oleh bencana.

Pelatihan ini turut dihadiri Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Tolitoli, Kepala Sub. Bidang Kedaruratan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Tolitoli.

Reporter: ASRIATI RAMLAN

Pos terkait

banner 580x60