Tingkatkan Kualitas Wartawan, Pemprov Laksanakan UKW

  • Whatsapp

Palu- Untuk meningkatkan kualitas wartawan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tengah melaksanakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) bekerjasama dengan Perusahaan Wartawan Indonesia Sulawesi Tengah.

Kepala Sub Bagian Pers, Fotografi, Audio Visual pada Biro Humas dan Porotokol Sekretaris Daerah Pemprov Sulteng, Mohammad Arfan, SE, menuturkan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya Pemprov Sulteng memberikan pemahaman kepada wartawan agar lebih meningkatkan Kualitas pemberitaan.

“UKW Ini dilaksanakan Biro Humas dan Porotokol Setda Provinsi Sulteng. Peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 18 orang, kegiatan ini akan dilaksanakan selama dua hari. UKW kali yang dilaksanakan ini merupakan UKW yang keenam kalinya dilaksanakan oleh Pemprov Sulteng,”tutur Arfan, Senin (18/11/2019).

Lebih lanjut, kata dia, masih banyak wartawan di Sulteng yang belum terserifikasi melalui UKW. Padahal, UKW ini merupakan standar yang harus diikuti oleh wartawan profesional. Sebab, melalui UKW kapasitas seorang wartawan diuji dan mendapat pengakuan.

“Kedepannya kita perlu menerapkan aturan tegas kepada wartawan untuk mengikuti UKW. Apabila wartawan tidak mengikuti UKW, kita akan verifikasi. jika tidak terverifikasi kita akan memberikan kesempatan untuk melakukan kegiatan jurnalistik di lingkungan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah,”tegasnya.

Sementara itu, Ketua PWI Sulteng, Mahfud Matangara, menegaskan, mengikuti UKW merupakan suatu kewajiban yang harus diikuti oleh wartawan, sebagaimana jika ingin menjadi wartawan yang profesional.

“Kita berharap, khususnya kepada peserta UKW ini agar dapat menerapkan ilmu yang mereka peroleh dalam menjalankan tugas sehari-hari. Tetap bersikap rendah hati dan tidak arogan,”jelasnya.***

Reporter: Andika

Pos terkait

banner 580x60