FISIP UNTAD Gelar Seminar Peran Kearifan Lokal Dalam Resistensi Bencana

  • Whatsapp

Palu,- ILUNI UI (Ikatan Alumni Universitas Indonesia) yang bekerja sama dengan komunitas Mosikola dan FISIP Universitas Tadulako membuat sebuah seminar hasil penelitian yang bertemakan “Peran Kearifan Lokal Dalam meningkatkan Resiliensi Masyarakat yang terdampak Bencana” di Aula FISIP Universitas Tadulako, Kamis (12/12/2019). Kegiatan seminar ini dihadiri oleh mahasiswa serta dosen dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Poltik Universitas Tadulako.

Drs.Muhammad Marzuki selaku Narasumber Antropologis menjelaskan bahwa penelitian ini bertujuan mempresentasikan hasil penelitian terkait dengan bagaimana pengetahuan local masyarakat mampu meningkatkan ketahanan masyarakat terhadap bencana. Terdapat dua tema besar yang diangkat yaitu terkait pengetahuan local masyarakat dan aspek psikologi ketahanan terhadap bencana itu sendiri.

Muat Lebih

Kita berharap dari presentase ini kita bisa mengambil beberapa hal yang bisa diaplikasi dalam kondisi saat ini pasca bencana. Contohnya bagaimana masyarakat kita dibangun ketahanan pangannya, dengan kembali membangun Gampiri sebagai tempat menyimpan makanan dan bisa digunakan ketika terjadi krisis. Berikutnya memperkuat kepemimpinan local dan juga menjadikan mata pencaharian mereka sebagai jalan keluar dari traumatik bencana selain penyediaan tempat tinggal.

Sementara Dr.Endang Mariani sebagai Narasumber sisi psikologis mengatakan bahwa penelitian dilakukan untuk mendapat hal-hal positif yang dimiliki masyarakat dari kearifan local. Bagaimana masyakat berperan meningkatkan resistensi dan copy strategi apabila mengalami situasi bencana.

Selain itu berharap agar hasil penelitian ini dapat menjadi bahan referensi untuk lebih mengembangkan riset terhadap resiliensi masyarakat terhadap bencana.*

Reporter: Sabda Alamsyah

Pos terkait

banner 580x60