KPU Palu gelar Kursus Singkat Kepemiluan

  • Whatsapp

Tingkatkan Partisipasi Pemilih Pemula Pilwalkot 2020

Guna meningkatkan partisipasi serta kualitas Pemilih pemula, tokoh agama, kelompok perempuan, penyandang disabilitas, kelompok marginal dan kelompok profesional  dalam mengikuti pemilihan Walikota dan Wakil Walikota tahun 2020 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Palu menggelar kursus singkat kepemiluan, Senin (2/12/2019) di ruang Rumah Pintar Pemilu (RPP) KPU Palu.

Selain itu, kegiatan tersebut ungkap Ketua KPU Palu, Agusalim Wahid bertujuan untuk  meningkatkan kepercayaan publik terhadap proses demokrasi, Menjadi mitra kerja KPU Kota Palu dalam hal kepemiluan di masyarakat, Menumbuhkan komunitas-komunitas peduli pemilu ditengah masyarakat serta Membangkitkan kesukarelaaan masyarakat sipil dalam agenda pemilu dan demokratisasi.

Muat Lebih

“Peserta kegiatan tersebut, diharapkan akan membentuk kelompok-kelompok komunitas peduli pemilu dilingkungannya masing-masing, akunya.

Program tersebut lanjut Agusalim Wahid, melibatkan peran serta masyarakat. Mereka akan dibekali ilmu kepemiluan yang  nantinya menjadi pelopor (pioneer) demokrasi. Dengan  membentuk komunitas-komunitas peduli pemilu.

“Peserta kursus ini akan menjadi mitra KPU Kota Palu dalam menjalankan agenda sosialisasi dan pendidikan pemilih” jelasnya.

Ditambahkannya, program pengembangan komunitas, merupakan ikhtiar untuk melahirkan embrio komunitas yang peduli dengan  isu-isu pemilu dan demokrasi. Diharapkan dapat tumbuh dan berkembang secara mandiri. Sehingga kursus singkat tersebut, bisa membangun kompetensi dasar kepemiluan untuk komunitas.

Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan tersebut kata Ketua KPU Palu, berjumlah 22 orang. Terbagi menjadi 5 sesi. Pada edisi perdana, diikuti oleh mahasiswa dari  IAIN kota Palu.

“Program ini diharapkan mampu menumbuhkan kembali kesadaran positif terhadap pentingnya pemilu dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Sehingga partisipasi pemilih dan kualitas Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palu tahun 2020 meningkat dan lebih baik dari sebelumnya,” sebut Ketua KPU Palu. ***

Reporter: Firmansyah Lawawi

Pos terkait

banner 580x60