Kapolda Sulteng Silaturrahmi ke Pengurus Besar Al Khairaat pusat Palu

  • Whatsapp
banner 728x90

Palu,- Kapolda Sulteng Irjen Pol. Drs. Syafril Nursal,S.H,M.H melaksanakan giat silaturrahim dengan Pengurus Besar Al Khairaat pusat Palu. Kunjungan silaturrahmi Kapolda berlangsung di ruang pertemuan kantor PB Al Khairaat Jl.Sis Al Jufri Kel.Siranindi Kec.Palu Barat Kota Palu, Rabu (05/02/2020).

Dalam giat tersebut Kapolda Sulteng didampingi oleh Irwasda Polda Sulteng, Karo SDM Polda Sulteng, Dirintelkam Polda Sulteng, Direskrimsus Polda Sulteng, Direskrimum Polda Sulteng, Dir Binmas Polda Sulteng, Kabid Humas Polda Sulteng, dan Ka SPN Polda Sulteng.

Rombongan Kapolda Sulteng diterima dengan hangat oleh beberapa pengurus Alkhairaat diantaranya Ketua Umum PB Alkhairaat Habib Ali bin Muhammad Aljufri,  Sekretaris Umum MUI Sulteng Dr. H. Sofyan T Bachmid, Rektor Universitas Alkhairaat 2019-2023 Dr. Umar Alatas S.Pi., M.Si, Wakil ketua MUI Kabupaten Sigi Dr. Mohamad Agus Rahmat Lamakarate dan Pengurus Ponpes Raudhatul Mustafa Lil Khairaat Habib Mohsen bin Ali Alhabsyi, Lc.

Pada kunjungan tersebut Pengurus Alkhairaat menyampaikan beberapa hal mengenai Alkhairaat, bagaimana Alkhairaat tumbuh dan memiliki lembaga dakwah berupa sekolah dan Perguruan Tinggi dengan program jangka panjang.

PB Alkhairaat juga memberikan dukungan sepenuhnya kepada Polda Sulteng dalam menyelesaikan permasalahan di Poso terkait keberadaan Teroris dan  menyampaikan bahwa pernah didatangi salah satu tokoh ulama dan meminta untuk program berkesinambungan dalam Deredikalisai.

Serta berharap Polda Sulteng dapat mengamankan pelaksanaan Pemilukada di Sulawesi Tengah, sehingga dapat berlangsung aman dan kondusif  terutama daerah rawan seperti Kab.Poso dan Kab.Banggai dan juga agar kiranya dapat terjalin kerjasama antara Alkhairaat dengan Polda Sulteng untuk melaksanakan program Deradikalisasi.

Dalam waktu dekat yaitu bulan Maret, Alkhairaat akan melaksanakan kegiatan Muktamar Alkhairaat ke XI. Pada kegiatan tersebut panitia mengundang Presiden RI untuk membuka giat Muktamar tersebut dan saat ini surat sudah masuk di Sekmilpres. Diharapkan Polda Sulteng dapat melakukan pengamanan selama kegiatan berlangsung.


PB Alkhairaat berharap  agar kiranya ada perhatian ataupun kuota untuk generasi Alkhairaat yang berminat masuk menjadi anggota Polri dan mendukung sepenuhnya rencana Kapolda Sulteng untuk membangun Pondok Pesantren dan Rumah Sakit di Kab.Kerinci Prov.Jambi.

Kapolda Sulteng Irjen Pol. Drs. Syafril Nursal,S.H,M.H pada pertemuan tersebut menyampaikan rasa syukur  situasi di wilayah Sulawesi Tengah hingga saat ini aman dan kondusif, hal tersebut tidak terlepas dari peran serta Alkhairaat dalam menciptakan suasana yang aman di masyarakat.

Terkait pelaksanaan Pemilukada 2020 di Sulawesi Tengah, Polda Sulteng akan selalu bekerja keras guna menjamin kelancaran pelaksanaan pesta demokrasi tersebut. Untuk Sulawesi Tengah sendiri terdapat dua Kabupaten yang masuk kategori rawan yaitu Kab.Poso dan Kab.Banggai namun kami berusaha menjamin keamanan pilkada di daerah tersebut.

Kapolda juga mengatakan  bahwa masalah Teroris yang ada di Kab.Poso sampai saat ini belum selesai, hal tersebut menyebabkan daerah kita masih dikaitkan dengan daerah konflik.  Sehingga negara luar masih enggan untuk masuk ke Sulteng. Oleh karena itu Polda Sulteng mohon do’a dan dukungan dari Alkhairaat dalam penyelesaian permasalahan tersebut, sehingga sulteng tidak dicap sebagai daerah rawan dan dapat lebih maju seperti daerah lainnya.

Kapolda juga mengaku memerintahkan Dir Binmas untuk secepatnya melakukan koordinasi dan kerjasama dengan Alkhairaat terkait program jangka panjang dalam mencegah masuknya faham Radikal guna mendukung program Deradikalisasi dari Pemerintah. Serta memerintahkan Ka SPN agar berkoordinasi dengan Alkhairaat terkait kurikulum/program pendidikan untuk siswa yang ditempa di SPN Polda Sulteng terkait pemahaman keagamaan.

Juga memohon do’a dan dukungan para pengurus Alkhairaat dimana Kapolda berencana membangun Pondok Pesantren dan Rumah Sakit di Kab.Kerinci Prov.Jambi.

Pada akhir kegiatan silaturrahmi, dilanjutkan dengan pemberian bantuan dari Kapolda Sulteng untuk Alkhairaat berupa sembako. ***

Sumber: Humas Polda Sulteng

Berita terkait