Lokasi Pengungsian Korban Kebakaran Sidoarjo Akan Dipindahkan

  • Whatsapp
banner 728x90

Palu,- Sebagai tindak lanjut penanganan korban musibah kebakaran di Kelurahan Sidoarjo Kecamatan Baolan, Bupati Toli-toli Hi. Moh. Saleh Bantilan, SH.,MH didampingi Sekretaris Daerah Drs. Hi. Mukaddis Syamsuddin, M.Si, memimpin pertemuan dengan sejumlah Pimpinan Perangkat Daerah serta sejumlah stakeholder pada rabu malam (5/2) di Aula Wisma Daerah Bale Tau Dako Lipu.

Dalam pertemuan tersebut dibahas beberapa permasalahan di antaranya lokasi tenda-tenda pengungsian yang berpotensi menimbulkan masalah baru, mengingat saat ini sudah mulai turun hujan. Selain itu penanganan sampah di lokasi pengungsian dan anak-anak korban bencana yang sudah beberapa hari terakhir ini tidak masuk sekolah serta kelanjutan penanganan korban setelah masa tanggap darurat bencana berakhir, termasuk upaya menata kembali lolasi bekas hunian yang terbakar.

Pertemuan yang berlangsung lebih dari 2 jam itu, menyimpulkan lokasi tenda pengungsian akan dipindahkan ke lokasi terminal Pelabuhan Dede Toli-toli pada hari ini, kamis (6/2), menyiapkan gudang penampungan logistik dan bak sampah di lokasi, mengimbau kepada anak-anak korban bencana kebakaran untuk tetap bersekolah meski tidak menggunakan seragam.

Selain itu pihak Badan Pertanahan Nasional (BPN) Toli-toli merencanakan akan melakukan konsolidasi tanah setelah dilakukan pendataan kepemilikan tanah yang akan ditindaklanjuti dengan penimbunan lokasi seluas kurang lebih 3,6 hektar melalui program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Tolitoli.

Rencana penimbunan dan pembangunan kembali kawasan hunian tersebut akan disampaikan kepada seluruh warga korban kebakaran setelah diperoleh data yang valid dari BPN Toli-toli. ***

Sumber: Prokopim Setdakab Tolitoli

Reporter : Datra Hasan
Foto : Padli Tangahu

Berita terkait