Pemda Toli-toli Ambil Langkah Kongkrit Atasi Kebutuhan Korban Kebakaran

  • Whatsapp
banner 728x90

Toli-Toli, – Untuk mengatasi dampak yang ditimbulkan oleh musibah kebakaran yang terjadi di Kelurahan Sidoarjo Kecamatan Baolan, Wakil Bupati Tolitoli Hi. Abdul Rahman Hi. Budding didampingi Sekretaris Daerah Drs. Hi. Mukaddis Syamsuddin, M.Si memimpin rapat dengan seluruh Asisten Sekda dan Pimpinan Perangkat Daerah di Suwot Pollimpungan Kantor Bupati Tolitoli pada senin pagi (3/2/2020).

Rapat tersebut dimaksudkan untuk menyatukan persepsi serta langkah konkrit guna membantu korban yang tertimpa musibah kebakaran.

Lurah Sidoarjo Alim Purnomo S.STP yang turut hadir dalam rapat tersebut melaporkan bahwa kebakaran yang terjadi di wilayahnya pada Minggu Malam (02-02-2020) itu telah menghanguskan 385 rumah warga di 2 Rukun Warga (RW) dan 3 Rukun Tetangga (RT), sehingga sebanyak 526 Kepala Keluarga atau lebih dari 1500 jiwa terpaksa harus kehilangan tempat tinggal yang harus segera diatasi.

Menyikapi kondisi itu, forum rapat yang dipimpin Wakil Bupati menyepakati bahwa masa tanggap darurat bencana kebakaran Kelurahan Sidoarjo selama 14 hari.

Wakil Bupati Hi. Abdul Rahman Hi. Budding meminta semua pihak yang berkompeten dalam menangani bencana ini agar proaktif dalam membantu kesulitan-kesulitan yang dirasakan oleh warga yang terdampak.

Segala bentuk bantuan baik berupa uang maupun bahan pangan dan sandang agar segera disalurkan sehingga dapat meringankan beban warga masyarakat yang sedang tertimpa musibah.

Dalam masa tanggap darurat bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah serta Dinas Sosial Kabupaten Tolitoli telah menyiapkan tenda-tenda untuk digunakan oleh warga terdampak yang jaraknya tidak berjauhan dengan lokasi kebakaran serta disiapkan pula dapur umum, mandi, cuci, kakus (MCK) mobile serta sejumlah relawan yang tergabung dalam Tim Taruna Siaga Bencana (Tagana) dan dibantu oleh Anggota Satuan Polisi Pamong Praja yang selalu siap kapan saja untuk memberikan pelayanan.

Untuk mengatasi kebutuhan pangan warga selama masa tanggap darurat bencana, Dinas Sosial Kabupaten Tolitoli bersama Badan Usaha Logistik (Bulog) Sub Divisi Regional (Divre) III Tolitoli akan menyalurkan cadangan beras pemerintah (CBP) yang saat ini tersedia di gudang Bulog Tolitoli. Sedangkan pangan penunjang lainnya akan disiapkan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Tolitoli dalam bentuk mie instant, telur ayam serta air minum dalam kemasan.

Sementara itu, Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi akan mengirimkan bantuan untuk korban kebakaran berupa selimut, sarung, matras, masker, peralatan rumah tangga, perlengkapan bayi, peralatan kebersihan dan kebutuhan sandang untuk warga.

Usai memimpin rapat, Wakil Bupati Hi. Abdul Rahman Hi. Budding bersama seluruh peserta rapat langsung meninjau lokasi kebakaran sekaligus bertemu dan bertatap muka dengan warga yang menjadi korban kebakaran.

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati meminta kepada warga yang ditemuinya untuk bersabar atas terjadinya musibah ini dan tetap tegar dan tidak berputus asa untuk bangkit kembali.

Sumber: Prokopim Setdakab Tolitoli

Reporter : ASRIATI RAMLAN
Foto : FADLI TANGAHU

Berita terkait