Untad dan Islamic Relief Worldwide Gelar Lokakarya Peningkatan Kapasitas Masyarakat

  • Whatsapp
banner 728x90

Palu,- Lokakarya peningkatan kapasitas usaha masyarakat terdampak bencana Palu – Sigi dan bursa produk kelompok wirausaha, kerjasama antara Universitas Tadulako (Untad) dan Islamic Relief Worldwide dibuka oleh Sekretaris Kota Palu, H Asri, S.H, mewakili Wali Kota Palu. 

Kegiatan tersebut berlangsung di Gedung Media Center Universitas Tadulako pada Rabu (26/2) dan dihadiri oleh berbagai kelompok wirausaha yang memproduksi olahan jamur tiram, hidroponik, food processing dan fish processing. 

Dalam sambutannya, H Asri, S.H mengatakan bahwa pemerintah Kota Palu akan tetap berkomitmen dan konsisten dalam membantu kelompok usaha bersama, UKM dan UMKM. Karena hal tersebut merupakan bagian dari misi mengembangkan kewirausahaan dalam daerah, sehingga tingkat pengangguran dan kemiskinan di Kota Palu dapat berkurang.

Wakil Rektor Bidang Akademik Dr Lukman Nadjamuddin, M.Hum mengatakan, setelah kerjasama ini diharapkan aktivitasnya tidak berhenti disini. Dan Untad, akan mengawal agar keberlangsungannya terjaga dalam waktu yang cukup lama.

“Kemitraan yang dibangun antara Universitas Tadulako dan Islamic Relief Worldwide merupakan sesuatu yang sangat penting dan besar manfaatnya,” kata Dr Lukman, dalam sambutannya.

MoU kerjasama antara Untad dan Islamic Relief Worldwide ini telah ditandatangani tanggal 23 Januari 2020 oleh Rektor dan Direktur Islamic Relief Worldwide Indonesia. 

Tiga hal yang menjadi tugas pokok kegiatan ini yaitu memberikan pelatihan kewirausahaan, manajemen pemasaran dan pembukuan kepada masyarakat. Pelatihan yang dilakukan yaitu pembuatan business plan, strategi pemasaran serta pembukuan, agar nantinya dapat diaplikasikan oleh masyarakat ketika mendirikan usaha.

Pelatihan berlangsung selama empat hari sejak 7 hingga 10 Februari 2020 di Lab School Palu. Selanjutnya, dilakukan survey untuk melihat seberapa besar dampak atau pengaruh yang diberikan oleh Islamic Relief Worldwide, serta melihat kendala yang dihadapi di lapangan agar nantinya diberikan rekomendasi dan saran.  Lokakarya merupakan kegiatan terakhir yang dilakukan.

Ridwan Miftahul Rahman selaku Area Coordinator Islamic Relief Worldwide mengharapkan agar lokakarya ini dapat mengundang partisipasi dari stakeholder dan NGO juga kelompok-kelompok usaha yang ada. Sehingga usaha-usaha mikro yang telah diberikan pelatihan bisa berkembang dan menyerap tenaga kerja serta mengurangi tingkat pengangguran.***

Reporter: Yohanes/Humas Untad

Berita terkait