Cegah Corona, Rusdy: Kita Kembali Manfaatkan Alam Jadi Obat Tradisional

  • Whatsapp
Rusdy Mastura/Foto: Supardi/Kailipost.com
banner 728x90

Palu,- Ditengah kondisi tanggap darurat virus corona (Covid-19), bakal calon Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Rusdy Mastura meminta agar masyarakat kembali memanfaatkan alam seperti gemar konsumsi buah atau tumbuhan sebagai obat tradisional.

Ini dilakukan menghadapi situasi keterbatasan obat kesehatan, masker, dan Alkohol pencuci tangan.

“Kita harus perbanyak makan jambu biji, jahe merah dan Kelor. Mencuci tangan dengan Alkohol. Tetapi kalau belum ada, daun siri direbus untuk cuci tangan,” kata Rusdy, Minggu (22/3).

Menurut Rusdy Mastura, pemanfaatan tumbuhan tradisional merupakan langkah pencegahan dini dari wabah virus pandemi global yang terus menjangkit.

Hal itu, diperuntukan bagi masyarakat yang belum terindikasi Covid-19 ditengah keterbatasan obat dari produk kesehatan.

“Kita kembali ke Alam lah, sambil menunggu Pemerintah perbanyak obat-obat itu ke masyarakat,” jelas Rusdy.

Apalagi, masyarakat tengah kesulitan mendapat Masker, sehingga diharap pemilik stok masker agar tidak menampung, tetapi membantu dibagikan kepada warga khususnya yang tinggal di pengungsian.

Rusdy meminta kepada Relawan Rusdy-Ma’mun dan masyarakat agar menjaga kebersihan lingkungan serta menjalankan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) untuk tetap dilakukan.

Terpenting, harus mengikuti arahan pemerintah daerah tentang pencegahan penyebaran covid-19.

“Pesan saya tetap menjaga kebersihan lingkungan dan jalankan pola hidup sehat. Kita harus mendukung kerja keras pemerintah dalam upaya pencegahan virus Corona,” tutur Rusdy.***

Reporter: Supardi

Berita terkait