Jika Positif, Dinkes Palu Lacak Keberadaan Warga yang Kontak Dengan PDP Covid-19

  • Whatsapp
Kadis Dinkes Palu Huzaema/Foto: dok. pribadi

Palu,- Kepala Dinas Kesehatan Palu Huzaema, akan melakukan pelacakan warga yang kontak langsung dengan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Covid 19 yang meninggal Senin dini hari (30/3/2020) di RS. Anutapura.

Namun hingga saat ini, pihaknya masih menunggu hasil swab laboratorium pasien PDP yang meninggal tersebut, serta konfirmasi dari Pusdatin pusat. Apakah positif virus Korona atau tidak.

“Saat ini masih menunggu hasil swab laboratotium dari pasien tersebut. Apabila hasilnya positif, maka Dinas Kesehatan akan melacak siapa saja yang melakukan kontak dengan pasien tersebut. Begitu protapnya, ” ungkap Kadis Dinkes Palu, melalui whats app, Selasa (31/3/2020).

Pelacakan tersebut beber Kadis Dinkes Palu, sebagai upaya untuk melakukan pengecekan apabila warga yang telah melakukan kontak dengan korban, memiliki gejala Covid 19.

“Akan dilakukan pelacakan dulu untuk mengetahui gejala yang ada, ” sebutnya.

Pasien yang meninggal tersebut lanjut Kadis Dinkes Palu, telah dimakamkan sesuai protap pasien berstatus PDP Covid 19. Olehnya dia meminta kepada masyarakat kota Palu untuk tetap tenang dan tidak panik dalam menyikapi hal tersebut.


“Kami meminta kepada masyarakat untuk tetap tenang dan tidak panik. Selain itu, senantiasa menjaga pola hidup sehat. Bila ada yang merasakan gejala Covid 19, segera memeriksakan kesehatannya ke Puskesmas atau rumah sakit rujukan yang menangani virus Korona,” pintanya.***

Reporter: Firmansyah Lawawi

Berita terkait