Sore Ini, NSL Minta Gubernur Ubah Kantor Diklat Jadi RS Korona

  • Whatsapp
Dr Hj Nilam Sari Lawira (Ketua DPRD Provinsi Sulteng)
banner 728x90

Palu,- Sore ini, Minggu (22/3/20), Ketua DPRD Sulteng Nilam Sari Lawira (NSL) meminta Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) untuk mengubah kantor Diklat menjadi Rumah Sakit (RS) Korona.

“Kita lakukan ini dalam rangka meningkatkan kewaspadaan dan kesiapan penanggulangan dampak bencana wabah Covid 19 dan untuk menciptakan situasi ketenangan bagi warga Sulteng,” kata NSL melalui rilisnya kepada Redaksi kailipost.com.

Menurutnya, ada tiga langkah strategis yakni, mengubah fungsi gedung Diklat milik Dinas dan OPD sebagai Rumah Sakit sementara sekaligus ruang isolasi bagi pasien dalam pengawasan (PDP) maupun pasien positif Corona (PPC). Hal itu dimaksudkan untuk melakukan karantina spesifik dan memisahkan ruang interaksi antara pasien umum di rumah sakit dengan pasien terjangkit Corona.

Selanjutnya, kata Dia, meminta Gubernur segera membuka pendaftaran dan melakukan rekruitmen relawan tenaga medis bencana Covid 19, utamanya kampus-kampus dan sekolah-sekolah keperawatan, untuk meningkatkan kemampuan pengelolaan bencana non alam Corona.

“Dan yang ketiga, saya meminta Gubernur segera melakukan rapat terbatas bersama seluruh Kepala Daerah, dalam rangka mengetahui kesiapan tiap-tiap daerah dalam menghadapi bencana wabah Covid 19. Tiga hal ini menjadi penting dilakukan guna meminimalisir dampak negatif dan meningkatkan kewaspadaan dini pada seluruh masyarakat,” ujarnya.

Ia melanjutkan, kebijakan strategis ini sekaligus bertujuan memberikan gambaran kepastian dan penanganan yang lebih maksimal bagi perlindungan masyarakat Sulteng dari dampak Bencana Wabah Covid 19.

Serta, sekaligus memberikan rasa ketenangan pada masyarakat bahwa Pemerintah Sulawesi Tengah akan melakukan segala cara yang terbaik untuk memastikan keselamatan warganya, pungkasnya.***

Editor: Yohanes Clemens

Berita terkait