Bupati Toli-Toli : Jangan Gunakan AC ditengah Pandemi Covid-19

  • Whatsapp
Bupati Toli-ToliH. Moh Saleh bantilan, SH ., MH. Foto: fb
banner 728x90

Toli-Toli,- Bupati Kabupaten Toli-Toli, H. Moh Saleh Bantilan, SH., MH, kembali memberikan himbauan kepada masyarakat dalam upaya memerangi dan pencegahan Covid-19.

Sebelumnya Moh Saleh Bantilan telah mendapat apresiasi mengenai keberaniannya dalam mengeluarkan kebijakan tentang karantina wilayah Kab. Toli-Toli yang berlaku sejak 30 Maret 2020 lalu.

Teranyar, dalam video pernyataannya, Bupati Toli-Toli memberi himbauan berupa saran kepada masyarakat Indonesia khususnya Toli-Toli agar saat ini tidak lagi menggunakan AC, pada Jumat (03/04/2020).

“Sebaiknya seluruh fasilitas umum, rumah, hotel, mobil dan lain-lain yang ada di Toli-Toli ataupun daerah lain, jangan menggunakan AC dulu,” ungkapnya.

Menurut Moh Saleh Bantilan berpendapat Covid-19 suka dengan udara dingin dan akan cepat berkembang biak.

“Kita lihat saja di Italia, Amerika dan China itu semua daerah dingin, Covid-19 cepat berkembang biak disana,” ucapnya.

Selanjutnya Bupati juga memberi saran agar kendaraan roda empat untuk lebih sering dijemur pada paparan sinar matahari.

“Toli-toli merupakan daerah tropis tepat pada garis khatulistiwa, jadi panasnya ada dan saya himbau untuk dimanfaatkan,” ajak Bupati.

Pernyataan Bupati Toli-Toli tersebut rupanya selaras dengan pernyataan Pakar asal Singapura belum lama ini.

Dikutip dari tempo.co Profesor David Lye, Direktur Kantor Penelitian dan Pelatihan Penyakit Menular di National Centre for Infectious Disease, mengatakan bahwa ruangan ber-AC dapat menguntungkan virus untuk hidup dan berkembang biak dalam periode waktu yang lebih lama. ***

Reporter: Indra Setiawan

Berita terkait