Covid 19: Dalam Sepekan, Kota Palu Mulai Menurun, Buol dan Toli-Toli Malah Naik!

  • Whatsapp
Penanganan Covid-19 RS. Madani/Foto: Yohanes Clemens

Palu,- Kasus Covid-19 atau virus corona di Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), khusus untuk Kota Palu mulai mengalami tren yang baik, pasalnya pada hari ini 4 pasien Positif yang dirawat di RS Undata telah dinyatakan sembuh dan pada sepekan terakhir hanya terkonfirmasi 1 kasus Positif.

Berbanding terbalik dengan hal itu, untuk Kabupaten Buol dan Kabupaten Toli-Toli pada sepekan terakhir malah mengalami penambahan yang signifikan. Penambahan kasus baru dari kedua Kabupaten tersebut dalam sepekan terakhir berasal dari klaster Jemaah Tabligh (JT) yang memiliki riwayat perjananan Ijtima Ulama di Gowa Sulawesi Selatan.

Sementara Kabupaten yang masih menjadi zona hijau tersisa 4, yakni Kabupaten Parigi Moutong, Kabupaten Donggala, Kabupaten Balut dan Kabupaten Banggai.

Sementara update Covid-19 di Sulteng telah menembus angka 101 kasus Positif hari ini. Sesuai dengan rilis Pusdatina Covid-19 Sulteng per tanggal 13 Mei 2020.

Haris Kariming selaku Jubir Pusdatina Covid-19 Provinsi Sulteng, menyampaikan kasus Positif hari ini bertambah sebanyak 6 kasus, 5 dari Kabupaten Buol dan 1 dari Kabupaten Poso.

Selanjutnya untuk kasus Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Perawatan (PDP) mengamali penurunan, dimana kasus yang dinyatakan sembuh lebih banyak dari kasus baru.

“ODP hari ini bertambah 3 dan yang telah selesai masa ODP 8 orang, sehingga kasus ODP turun 5 kasus menjadi 142 orang, sementara untuk PDP hari ini bertambah 1 dan yang telah selesai masa PDP 3 orang, sehingga kasus PDP turun 2 kasus menjadi 28 orang,” ungkap Haris dalam rilisnya.

Dinkes Provinsi Sulteng telah koordinasikan update data ke Gugus tugas Covid-19 Nasional (Sesuai SOP Kemenkes RI), dalam update tabulasi data Gugus Covid-19 Nasional pada hari ini.

Jubir kemudian menghimbau kepada masyarakat Sulteng untuk berpartisipasi mendukung tim Surveilance Dinkes Kabupaten/Kota dalam pelaksanaan Tracking riwayat klaster yang terkonfirmasi Positif. Guna memutus mata rantai penyebarannya.

“Selain itu, masyarakat juga diminta agar selalu mengikuti himbauan dari Pemerintah, TNI dan Polri dalam usaha pencegahan Covid-19,” kata Jubir.

“Jangan berkumpul, hindari kerumunan, sayangi diri sendiri dan keluarga anda. Mari tetap dirumah dengan pola hidup sehat,” tambahnya.

Data ini akan terus mengalami perubahan seiring perkembangan Covid-19 di Sulteng, olehnya masyarakat diminta untuk terus mengupdate data resmi terbaru Dinas Kesehatan Sulteng. ***

Reporter: Indra Setiawan

Berita terkait