Covid 19: Warga Palu Akan Dirapid Test Massal

  • Whatsapp
banner 728x90

Palu,- Memastikan langkah-langkah penanggulangan Covid-19 dan bencana alam di Sulawesi Tengah (Sulteng), Sekdaprov Moh. Hidayat Lamakarate mengadakan rapat dengan Kadis Kesehatan Reny Lamadjido dan Kalak BPBD Provinsi Bartholomeus Tandigala bertempat di Ruker Sekdaprov, Selasa (26/05/2020).

Pada kesempatan tersebut, Kadis Kesehatan menyampaikan bahwa beberapa daerah di Sulteng seperti Palu, Poso dan Buol sudah masuk daerah penyebaran dalam transmisi lokal.

Bacaan Lainnya

Selain itu, Kadis juga menyampaikan kabar baik mengenai kemajuan percepatan kesembuhan pasien Covid -19 di Sulteng yang telah mencapai angka 38 persen.

“Saat ini Dinas Kesehatan Provinsi juga terus mendorong Dinas Kesehatan Kabupaten dan Kota untuk terus melakukan rapid test seperti masifnya yang telah dilakukan di Kabupaten Buol dan Toli-Toli,” ungkapnya.

Selanjutnya Kalak BPBD Provinsi, Bartholomeus Tandigala menyampaikan bahwa Bencana Alam Banjir sudah tertangani dengan baik dan memastikan kehadiran Pemerintah Provinsi disana.

Kemudian, pada kesempatan Itu Sekdaprov Sulteng, Hidayat Lamakarate menyampaikan bahwa yang telah dilakukan sudah sangat baik namun juga perlu untuk ditingkatkan kembali.

“Seperti rencana Rapid test secara massal yang akan dilakukan di Kota Palu, Pemprov akan bekerja sama melalui bekerja sama dengan Gugus Tugas Covid Kota Palu agar rencana tersebut dipersiapkan dengan baik,” ungkapnya.

Sekdaprov juga meminta agar Dinas Kesehatan memastikan penanganan lasien di Kabupaten Buol dan Toli-Toli berjalan dengan baik dan mempercepat hasil rapid tes yang dilakukan didaerah tersebut.

Lebih jauh, ia pun meminta agar hasil rapid tes reaktif di Kabupaten Balut segera dikirim ke Provinsi untuk segera dilakukan tes swab.

“Pengiriman sampel untuk tes swab harus dipercepat, dengan harapan kita dapat pastikan apakah yang bersangkutan positif atau negatif Covid -19,” jelas Hidayat.

Selanjutnya, ia juga meminta Kadis Kesehatan memastikan langkah-langkah penanganan penanggulangan Covid-19 Kabupaten lainnya sudah berjalan dengan baik.

Terakhir, Sekdaprov meminta kepada Kalak BPBD agar terus memastikan penanganan bercana sudah tertangani dengan baik.

“Pastikan Pemerintah selalu hadir ketika terjadi bercana di Daerah,” tutup Sekdaprov dalam kesempatan tersebut. ***

Sumber: Humas Pemprov Sulteng

banner 300x90

Pos terkait

banner 580x60