New Normal: Pemkot Palu Diharap Prioritaskan Kelompok Rentan Covid-19

  • Whatsapp
Anggota DPRD Kota Palu mutmainah korona /Ft: dok pribadi
banner 728x90

Palu,- Pada masa pemberlakuan ‘New Normal’ atau tatanan kehidupan baru dalam masa pandemi Covid-19, Pemerintah Kota Palu melalui dinas terkait diharap perlu melakukan pendataan dan memberikan pelayanan khusus bagi kelompok rentan, yang memilki resiko paling tinggi tertular Covid-19.

Hal tersebut diutarakan Ketua Komisi A DPRD Palu, Mutmainah Korona saat dihubungi kailipost.com, dan menyampaikan setidaknya terdapat tiga kelompok rentan Covid-19 saat ini.

“Ketiga kelompok rentan itu adalah orang tua jompo, para penderita sakit kronis dan ibu hamil,” ungkapnya, Rabu (17/06).

Menurutnya, Pemkot harus segera menyusun skema khusus terkait perhatian terhadap ketiga kelompok rentan tersebut.

“Skema harus segera dilakukan dimulai dari mendeteksi dan mendata sebaran ketiga kelompok rentan tersebut,” tandasnya.

Kemudian, ditambahnya bahwa upaya preventif untuk menghindari tertularnya virus tiga kelompok rentan tersebut harus segera dilaksanakan.

“Agar diketahui jumlah mereka beresiko tinggi di Kota Palu dan apa program intevensi yang harus di lakukan,” lanjutnya.

Salah satunya sebut politisi NasDem itu, memberikan edukasi atau pengetahuan tentang cara melindungi diri terhadap virus Korona dan juga memberikan APD khusus, seperti masker, hand sanitazer. Saat bepergian keluar rumah.

“Mereka adalah warga yang menurut saya harus sering didatangi oleh petugas medis termasuk melibatkan para relawan kesehatan,” harapnya.

Namun, yang menjadi poin penting dalam hal ini kata Mutmainah Korona, Pemkot Palu harus menyediakan anggaran khusus terhadap program tersebut. Salah satunya mengaktifkan Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) sebagai media edukasi dan pelayanan kesehatan intesif untuk pencegahan Covid-19. ***

Reporter: Firmansyah Lawawi

Berita terkait