Besok KPU Palu Gelar Apel Siaga Gerakan Coklit Serentak

  • Whatsapp
Fto: idrus
banner 728x90

Palu,- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Palu akan melaksanakan gelar apel siaga gerakan pencocokan dan penelitian (Coklit) serentak, pada Sabtu 18 Juli 2020 esok di setiap kelurahan se-Kota Palu.

“Apel siaga gerakan coklit serentak tanggal 18 Juli 2020, merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Kegiatan coklit yang dimulai dari 15 Juli sampai dengan 13 Agustus 2020,” ungkap kepala Devisi Perencanaan dan Data KPU Palu, Idrus, Jumat (17/07).

Menurutnya, apel siaga Gerakan Coklit Serentak (GCS), bertujuan menjaga semangat Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) yang akan bekerja dan bergerak serentak mendatangi rumah ke rumah pemilih.

“Diawali apel di kelurahan masing-masing, dimana PPS sebagai pembina apel. GCS ini juga bentuk ajakan keterlibatan tokoh-tokoh di wilayah berbasis TPS masing-masing, mulai tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, perempuan, tokoh adat serta masyarakat pemilih yang dijadikan panutan warga di RT dan RW,” terangnya.

Target GCS serentak oleh PPDP, sebut Idrus, minimal mencoklit lima tokoh diwilayahnya. Bila jumlah petugas PPDP yang berjumlah 699 dikalikan lima, secara keseluruhan total jumlah tokoh- tokoh yang tercoklit serentak di hari Sabtu tersebut, sebanyak 3495 jiwa.

Setelah mencoklit lima tokoh, selanjutnya PPDP akan melaksanakan coklit seperti biasa pemilih lain di TPS masing-masing.
Untuk merealisasikan kegiatan tersebut sesuai rencana, maka monitoring bersama akan dilakukan oleh KPU Palu bersama PPK, PPS, dan mitra kerja.

“Kami juga mengajak terus warga masyarakat dan stakeholder untuk berpartisipasi untuk menggunakan link: lindungihakpilihmu.kpu.go.id untuk alat bantu apakah dirinya sudah masuk dalam data pemilih atau belum. Jika belum, maka segera hubungi call center KPU Palu di nomor 082292538096,” katanya.

Dari kegiatan coklit ini, KPU Palu berikhtiar senantiasa optimis, kerja keras, disiplin dan taat aturan. Sehingga hasil akhir Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Serentak 2020 menjadi lebih baik dari sebelumnya. ***

Reporter: Firmansyah Lawawi

Berita terkait