Donggala Bentuk Pokja Pencegahan Perkawinan Usia Anak

Wakil Bupati Donggala Moh. Yasin bersama Pokja mengadakan Rapat Koordinasi Pencegahan Perkawinan Usia. Fto: ist
banner 728x90

Donggala,- Wakil Bupati Donggala Moh. Yasin membuka secara resmi Rapat Koordinasi Kelompok Kerja (Pokja) Pencegahan Perkawinan Usia Anak bertempat di Hotel Santika Palu Kamis (16/07).

Kegiatan tersebut, diketahui telah memiliki kerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Palu, Kabupaten Donggala, Kabupaten Sigi, Unicef Indonesia dan Yayasan Karampuang.

Bacaan Lainnya

Yayasan Karampuang merupakan Organisasi non Pemerintah yang bekerja pada isu pencegahan perkawinan anak, pendidikan dan perlindungan anak.

Sambutan Manager Yayasan Karampuang Unicef Aditya Yudistira menyampaikan bahwa Kabupaten Donggala sekarang telah dikembangkan layanan online pencatatan akta kelahiran di dua lokasi yaitu di Kelurahan Gunung Bale dan di Desa Wani I.

“Masyarakat tidak lagi ke Dikducapil, tetapi cukup datang ke Kantor Desa untuk mencetak Akta lahir. Karampuang juga akan memberikan dukungan untuk pengembangan Data Bay Name Bay Adress yang bekerjasama dengan Bappeda dan Dinas PMD,” ujarnya.

Aditya Yudistira berharap kedepannya bisa direplikasi ke semua Desa di Kabupaten Donggala sehingga layanan tersebut bisa berjalan optimal. Selaku mitra, pihaknya pun berpesan apapun program kerja yang telah disusun oleh Pokja setelah pengukuhan tersebut. Diharapkan dapat mencapai tujuan atau target yang akan dilakukan untuk kedepan.

“Ini dilakukan di Empat Desa Kabupaten Donggala, ujungnya adalah untuk menyediakan Data Bay Name Bay Adress dengan posisi masing-masing masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Donggala dalam sambutannya menyampaikan bahwa perkawinan merupakan kebetuhan terpenting dari kehidupan manusia karena perkawinan tersebut memperbanyak keturunan.

“Kedepannya Kabupaten Donggala diharapkan dapat bersinergi dengan NGO yang ada di Daerah yang bergerak dibidang perlindungan anak. Karena masih banyak Daerah terpencil di Donggala yang sulit untuk dijangkau, sehingga dengan dibentuknya Pokja itu semua dapat tersentuh,” ungkap Wakil Bupati.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pengukuhan kelompok kerja (Pokja) pencegahan perkawinan usia anak di Kabupaten Donggala oleh Wakil Bupati Donggala. ***

Reporter: Syamsir

banner 300x90

Pos terkait

banner 580x60