Mamuju Tengah: Puluhan Rumah Terendam Banjir Hingga Longsor

  • Whatsapp
banner 728x90

Sulbar,- Hujan deras selama 2 jam yang mengguyur Desa Kuo di Kabupaten Mamuju (Mateng) Tengah Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) mengakibatkan puluhan rumah terendam banjir dan 1 rumah diterjang meterial longsor, Rabu (15/07) sore.

“Curah hujan beberapa waktu terakhir intensitas meningkat, yang terjadi hari ini mengakibatkan puluhan rumah warga terendam, dan yang terparah satu rumah rusak berat tertimpa material longsor,” ujar Sekretaris Desa Kuo, Fachruddin Shaleh kepada kailipost.com di lokasi kejadian.

Fachruddin mengakui, untuk bencana longsor, ini merupakan kejadian ketiga kalinya material longsor menimpa rumah warga hingga rusak parah karena memang topografinya di tepi lereng gunung.

“Seluruh penghuni rumah alhamdulillah selamat, meski waktu kejadian longsor sedang berada di dalam rumah karena kondisi sedang hujan deras. Untung ada tetangga yang melihat pergerakan tanah dan segera memanggil penghuni untuk keluar,” lanjutnya.

Mengenai kerugian, lanjut Sekdes, masih belum terdata secara pasti. Nantinya, Pemerintah Desa akan memberikan bantuan kepada warga yang rumahnya terdampak longsor tersebut.

Pantauan kailipost.com, banjir terjadi hingga menggenangi beberapa fasilitas umum, mulai dari Sekolah, Tempat Ibadah dan lahan pertanian warga. Namun hingga berita ini diterbitkan genangan air berangsur surut.***

Reporter: Indra Setiawan

Berita terkait