Mengenal Brigjen Abdul Rakhman Baso, Kapolda Baru Sulteng

Palu,- Surat Telegram Kapolri Nomor ST/2250/VIII/KEP./2020 tertanggal 3 Agustus 2020, tercatat bahwa pucuk pimpinan Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tengah (Sulteng) akan berganti dari Irjen Syafril Nursal kepada Brigjen Abdul Rahman Baso. Syafril Nursal ditarik ke Mabes Polri sebagai Analisis Kebijakan Utama Lemdiklat Polri TTK.

Brigjen Abdul Rakhman Baso sendiri sebelumnya menjabat Wardankorbrimob Polri dengan beberapa pengalaman dibeberapa lingkungan Polda di Indonesia. Lahir Agustus 1963 dan merupakan lulusan Akpol 1988 dengan pengalaman dalam bidang brimob. Jabatan terakhir jenderal bintang satu ini adalah Wakil Kepala Korps Brimob Polri.

Berita Lainnya

Saat menjabat sebagai Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Drs Abdul Rahman Baso sempat mencuri perhatian, tepatnya saat menghadapi demo di depan Gedung Sate.

Dilansir merdeka.com, alih-alih menyiapkan pasukan untuk “siap tempur”, dia justru memerintahkan sekitar 1.500 aparat gabungan dari Dalmas Polda Jabar, Dalmas Polrestabes Bandung, serta Pasukan dari Satbrimobda Jabar menenangkan diri, lalu duduk bersimpuh dengan barisan yang teratur, dan lalu berzikir melantunkan kebesaran Allah SWT.

Rupanya pendekatan ini sangat ampuh, pada awalnya dalam kondisi saling berhadapan, demonstran dari kalangan mahasiswa berupaya memancing emosi aparat keamanan yang berjaga. Para pendemo yang berasal dari Gema Keadilan dan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) sontak terdiam dan terperangah.

Suasana damai pun tercapai, penyampaian aspirasi tetap dilakukan oleh para pendemo, namun tidak ada aksi anarkis yang terjadi.
Mutasi ditubuh Polri memang biasa terjadi sebagai bagian tour of duty dan tour of area, serta promosi jabatan.

Pergantian Jabatan Kapolda Sulteng bersamaan dengan pergantian dibeberapa Polres wilayah Polda Sulteng, diantaranya Kapolres Palu, Kapolres Donggala, Kapolres Buol, Kapolres Parimo dan Kapolres Sigi.

Beberapa Jabatan yang pernah diemban Brigjen Abdul Rakhman Baso.

  1. Kasat Brimob Polda NTT (2001)
  2. Kasat Brimob Polda Sultra (2002)
  3. Wadir Samapta Polda Lampung
  4. Kasat Brimob Polda Sumsel
  5. Kasat Brimob Polda Jabar (2010)
  6. Kapolrestabes Bandung (2012)
  7. Analis Kebijakan Madya bidang Brimob Korbrimob Polri (2013)
  8. Karoops Polda Sumbar (2014)
  9. Kabagops Korbrimob Polri (2015)
  10. Danpas Pelopor Korbrimob Polri (2017)
  11. Wakil Komandan Korbrimob Polri (2018)

Reporter: Idham

banner 300x90

Pos terkait

banner 580x60