Pilgub 2020: Kemana PBB Akan Berlabuh?

  • Whatsapp
banner 728x90

Palu,- Gelaran Pemilihan kepala daerah (Pilkada) Gubernur dan Wakil Gubernur di Sulawesi Tengah (Sulteng) tengah memasuki detik-detik akhir. Sesuai yang dijadwalkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulteng, pendaftaran Bakal pasangan calon (Bapaslon) akan dimulai pada tanggal 4 hingga 6 September 2020 bulan depan.

Sampai dengan detik ini, masih mengerucut kepada 2 Bapaslon yakni pasangan Hidayat Lamakarate-Bartolomeus Tandigala dan Bapaslon Rusdi Mastura-Makmun Amir yang masing-masing telah mengantongi usungan dari partai politik yang disertai dengan B1KWK Parpol.

Bacaan Lainnya

banner 728x90

Sementara itu, Bapaslon Anwar Hafid-Sigit Purnomo Said (Pasha) sedang berjuang keras untuk mencukupkan kursi pengusung menuju pendaftaran di KPU bulan depan yakni 9 kursi di DPRD Provinsi.

Salah satu partai non seat yang cukup seksi yakni Partai Bulan Bintang (PBB) Sulteng, saat ini tengah diperebutkan para bakal calon Gubernur, mengingat Partai ini memiliki 16 kursi yang tersebar di beberapa Kabupaten/Kota se-Sulteng.

Ditambah lagi, dengan majunya salah satu Ketua DPC PBB untuk calon kuat Bupati Kabupaten Tolitoli, Amran H. Yahya yang berpasangan dengan Moh. Besar Bantilan yang tentunya akan berperan menyumbang perolehan suara saat kontestasi nantinya.

Seiring dengan semakin dekatnya jadwal pendaftaran di KPU, PBB Sulteng mengklarifikasi beredarnya gambar atau logo Parpol besutan Prof. Yusril Ihza Mahendra tersebut di baliho salah satu bapaslon serta video yang berdurasi kurang lebih 7 menit.

Kegiatan tersebut merupakan silaturahim bapaslon di ruangan kerja Sekretaris Jenderal Partai Bulan Bintang di Jakarta, Kamis 27 Agustus 2020, yang juga dihadiri ketua dan sekretaris wilayah PBB Sulteng.

Sekretaris Wilayah PBB Sulteng, Deny Rismawan yang dihubungi via telepon selulernya menyatakan, “Kemarin itu silaturahim antara pasangan Hidayat dan Bartho kepada DPP, sama halnya ketika beberapa waktu lalu bapaslon Anwar-Sigit juga melakukan silaturahim ke DPP,” ujarnya.

Saat ini, lanjutnya, adapun hasil silaturahim tentunya PBB berharap ada tindaklanjut yang lebih serius, sembari menyepakati beberapa hal yang menyangkut kesepahaman kedepan. “Masih ada waktu seminggu kedepan untuk menentukan sikap kemanakah arah dukungan PBB,” tandasnya.

Deny Rismawan juga menegaskan, DPP PBB akan segera mengeluarkan SK dukungannya minggu ini. “Semua kandidat masih punya peluang,” tutupnya. ***

Editor: Indra Setiawan

Pos terkait