Terbatas, Penukaran Uang Rp75 Ribu di BI Sulteng Diserbu Warga

  • Whatsapp

Palu,- Bank Indonesia (BI) mulai melakukan penukaran uang pecahan Rp75 ribu yang dibuat dalam rangka memperingati HUT ke-75 RI. Di Bank Indonesia Sulawesi Tengah (Sulteng) puluhan masyarakat terpantau sedang mengantri.

Pasalnya, uang edisi khusus tersebut yang hanya dicetak sekali jumlahnya sangat terbatas, menurut Bank Indonesia Sulteng sendiri hanya kebagian 200 ribu lembar uang pecahan Rp75 ribu itu.

Deputi Kepala Perwakilan Bidang SPNI, Djainul Arifin menjelaskan bahwa ada tiga alasan dirilisnya uang Rp75 ribu ini, yakni mensyukuri kemerdekaan RI, memperkuat kebhinekaan dan menyongsong masa depan yang lebih gemilang.

“Bagi masyarakat yang ingin menukarkan atau mendapatkan uang pecahan Rp75 ribu ini, mereka harus mendaftarkan diri mereka melalui aplikasi yang sudah di anjurkan oleh pihak BI serta membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan mereka hanya mendapatkan selembar uang Rp75 ribu tersebut,” jelas Djainul Arifin.

Sementara itu, Basri salah satu warga yang turut antri untuk menukarkan uang mengatakan, bahwa dia ingin mendapatkan uang tersebut hanya ingin mengoleksi uang pecahan Rp75 ribu itu dan tidak ingin menggunakan sebagai alat tukar jual beli.

“Tujuan saya hanya ingin mengoleksi saja. Karena uang tersebut sangat sedikit jumlahnya dan langka. Dan juga uang Rp75 ribu ini dikeluarkan spesial memperingati HUT ke-75 RI,” kata Basri. ***

Reporter: Muhamad Nizam

Berita terkait