Anak Sungai di Birobuli Selatan Meluap, Puluhan Rumah Warga Terendam Banjir

Kompleks Perumahan Harmoni Birobuli Selatan Kota Palu direndam Banjir @Kailipostcom/Windy Kartika
banner 728x90

Palu,- Kembali tingginya intensitas curah hujan di wilayah Sulawesi Tengah (Sulteng), khususnya di Kota Palu kembali menyebabkan terjadinya banjir, kali ini banjir merendam puluhan rumah di Perumahan Harmoni akibat meluapnya anak sungai di Kelurahan Birobuli Selatan, Kota Palu, Kamis (24/09/2020).

Selain puluhan rumah terdampak banjir, luapan air anak sungai ini juga membuat beberapa akses Jalan di Kelurahan Birobuli Selatan tergenang air. Daerah ini diketahui memang telah menjadi langganan banjir, yang diduga karena kurang baiknya sistem drainase dan dasar sungai yang dangkal akibat tergerusnya material lumpur dari hulu sungai.

Berita Lainnya

Bahkan satu Kepala Keluarga (KK) di perumahan Harmoni Kelurahan Birobuli Selatan, harus mengungsikan diri dikarenakan rumah mereka telah dipenuhi oleh air beserta lumpur hingga tak dapat ditempati untuk sementara waktu.

Salah satu warga yang tinggal di daerah Perumahan Harmoni, Sherly (50) mengatakan,
daerah ini memang telah menjadi sasaran air kiriman dari hulu, jika hujan deras sebentar saja pasti air meluap ke pemukiman.

“Kemarin lumpur-lumpur didasar anak sungai itu sudah sempat dilakukan pengerukan, namun pengerjaannya tidak sampai selesai dan meski sudah di keruk masih saja terlihat seperti jorok,” ujarnya.

Shery pun berharap agar Pemerintah Kota Palu cepat mengambil tindakan soal perkara ini, memberi perhatian dan juga memberikan solusi agar daerah tersebut tak menjadi langganan banjir.***

Reporter: Windy Kartika

banner 300x90

Pos terkait

banner 580x60