Gempa M 4,5 Guncang Sigi, Dirasakan Skala III MMI

  • Whatsapp
banner 728x90

Sigi,- Gempa bumi dengan Magnitudo (M) 4,5 terjadi di Kabupaten Sigi Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng). Pusat gempa diketahui berada di darat akibat aktivitas seismik sesar lokal setempat.

Informasi yang dikutip langsung dari Badan Mateorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Palu menginformasikan gempa terjadi pada Jum’at (30/10/2020) sekitar pukul 21:47 WITA. Pusat gempa berada di 8 km arah timur Desa Pakuli Kecamatan Gumbasa.

Diketahui, gempa tersebut berada di kedalaman 10 km, pada koordinat 1.23 Lintang Selatan (LS) dan 120.02 Bujur Timur (BT). Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempa bumi ini termasuk dalam kategori gempa dangkal karena kedalamannya berada dibawah 60 km dari permukaan bumi.

Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami. Gempa dirasakan skala III MMI di Kulawi yang dirasakan nyata dalam rumah dan terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. Hingga berita ini diterbitkan pihak BMKG belum merilis laporan lebih lanjut mengenai dampak yang telah ditimbulkan gempa.

Masyarakat dihimbau untuk tetap tenang dan mengikuti arahan dari BMKG. Tidak terpancing isu berita yang tidak bertanggung jawab serta tetap waspada dengan adanya potensi gempa susulan.***

Reporter: Indra Setiawan

Berita terkait