Gubernur Lepas Jenazah Yahya Patiro, Pejuang Pemekaran Sulteng

  • Whatsapp
Gubernur melepas jenazah Pejuang Pemekaran Sulteng Yahya Patiro, keperistirahatan terakhir (27/10)
banner 728x90

Palu,- Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), Longki Djanggola, secara resmi melepas jenazah Almarhum Yahya Patiro, SH. MTH keperistirahatannya terakhirnya melalui upacara pelepasan oleh Tim korpri Pemda provinsi Sulteng, Selasa (27/10/2020).

Dalam sambutannya, Gubernur menyampaikan duka yang mendalam dan berkabung atas berpulangnya orangtua yang sangat dikasihi dan sayangi, Almarhum Bapak Yahya Patiro, SH. MTH

“Dalam catatan kami, almarhum merupakan salah satu putera terbaik daerah yang turut berjasa dalam perjuangan pembentukan Provinsi Sulteng. Selain itu dalam karir kepegawaiannya, Almarhum pernah mengisi beberapa jabatan penting di daerah, yaitu sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Poso selama kurang lebih 8 tahun, pembantu gubernur wilayah barat Sulteng pada tahun 1999 dan setelahnya, menjabat sebagai Asisten Administrasi Sekretariat Daerah Provinsi Sulteng pada tahun 2000,” rinci Gubernur.

Bahkan setelah purnabakti pada tahun 2002, aktivitas yang kemudian Almarhum geluti juga tidak pernah jauh dari urusan pemerintahan dan pengabdian, yaitu sebagai anggota DPRD Provinsi Sulawesi Tengah periode 2004 dan sebagian besar waktunya juga dicurahkan untuk melayani jemaat dengan aktif dalam organisasi sinode gereja kristen Sulteng.

“Sehubungan dengan itu,  atas nama pribadi dan pemerintah daerah Provinsi Sulteng, kami menyampaikan rasa duka dan bela sungkawa sedalam-dalamnya atas kepergian almarhum yang merupakan suatu pergumulan berat di saat kita mesti memasrahkan kepergian orang yang paling berharga dalam kehidupan, untuk kembali ke pangkuan Tuhan Sang Maha Pencipta,” sebut Gubernur.

Gubernur mengajak kepada pelayat dan handai taulan sekalian, kiranya ikhlas memaafkan Almarhum apabila pernah terjadi suatu kesalahan dan kelalaian yang kemudian mengakibatkan ketidaknyamanan dalam hubungan sosial diantara kita dengan Almarhum.

“Semikian pula, jika ada amanah ataupun tanggung jawab yang mesti dilaksanakan sepeninggal Almarhum, maka kiranya itu jadi perhatian ahli waris keluarga untuk segera dilaksanakan dengan sebaik-baiknya sesuai petunjuk keinginan Almarhum. akhirnya semoga bantuan dan dukungan yang kita berikan mendapat keberkahan Tuhan YME,” ujarnya.

Akhirnya, dengan ijin dan pertolongan Tuhan YME, atas nama pemerintah daerah Provinsi Sulteng, dengan resmi Gubernur Longki Djanggola melepas jenazah Almarhum Bapak Yahya Patiro untuk diberangkatkan, menuju tempat peristirahatan yang terakhir. “Selamat jalan Almarhum Bapak Yahya Patiro, selamat beristirahat dalam tenang dan damai,” ucap Gubernur.

Almarhum Yahya Patiro SH, MTH meninggalkan satu orang istri bernama Dra. Marie June Elisabeth Balebu M.SI, tiga orang anak yakni DR. Shine Pintor Siolemba Patiro SE, M.Si, DR. Yopie Moria Imanuel Patiro SH MH dan Beatrix Sugiarti Silintowe Patiro, S.Sos serta 6 orang Cucu.

Turut hadir dalam pelepasan jenazah Almarhum Yahya Patiro, Anggota DPR RI, Matindas Rumambi, Anggota DPD RI, Lucy Semen, Asisten II Sekretariat Daerah Provinsi Sulteng, DR. Bunga Elim Somba M.Si, Sekab Poso, Yanguluda serta pejabat dan tokoh masyarakat lainnya.***

Sumber: Biro Humas dan Protokol

Berita terkait