Hujan Deras, Puluhan Rumah Warga di Dua Kelurahan Terendam Banjir

  • Whatsapp
banner 728x90

Palu,- Hujan deras yang menguyur Kota Palu Provinsi Sulawesi Tangah (Sulteng) sejak Sabtu (10/10/2020) pagi tadi, mengakibatkan puluhan rumah warga di di Kelurahan Balaroa dan Kelurahan Donggala Kodi, Kota Palu terendam banjir.

Di Kelurahan Balaroa, banjir merendam belasan rumah warga yang terdapat di sepanjang Jalan Kelor, bahkan salah satu rumah warga terendam hingga ketinggian setengah meter.

“Dulu disini jarang terjadi banjir, tapi semenjak semenjak habis gempa tahun 2018 lalu daerah sini memang selalu menjadi sasaran banjir, meskipun hujannya tidak deras. Banjir sekarang ketinggian mencapai setengah meter lebih hingga masuk ke dalam rumah,” ujar Devi salah satu warga Balaroa.

Selain itu, di tempat lain yakni di Kelurahan Donggala Kodi tepatnya di jalan Cemara terjadi banjir bercampur material pasir dan lumpur. Daerah ini memang diketahui menjadi langganan banjir setiap hujan mengguyur.

Salah satu warga di jalan Cemara, Nur Ahmad menjelaskan banjir disebabkan satu-satunya drainase yang ada tidak di jalan ini tidak mampu menampung debit air yang cukup besar beserta material pasir dan lumpur dari gunung, sehingga air melimpah ke pemukiman warga.

“Air ini berasal dari gunung yang membawa material pasir dan lumpur. Sedangkan untuk drainase yang ada disini tidak cukup menampung debit air dan material dan satu-satunya jalannya air di daerah ini. Makanya, jangankan hujan, melihat awan gelap di gunung saja kami warga di sini sudah bersiaga. Karena pasti akan banjir,” Jelas Nur Ahmad.

Dalam hal ini, warga di jalan Cemara berharap agar pemerintah harus bertindak dalam menangani hal tersebut. Nur Ahmad juga mengaku telah berkoordinasi dengan pihak pemerintah Kelurahan, namun hingga kini belum ada tindak lanjutnya.

“Pihak Kelurahan sudah pernah datang ke sini. Tetapi hanya sekedar meninjau dan sampai sekarang belum ada tindak lanjut terkait masalah banjir ini dari kelurahan. Makanya saya berharap agar pihak kelurahan khususnya Pemerintah Kota Palu untuk memperhatikan banjir disini, jangan hanya ditinjau,” tandasnya.***

Reporter: Nizam/Windy

Berita terkait