Jelang Debat Kandidat, KPU Palu Gelar Simulasi

  • Whatsapp
banner 728x90

Palu,- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu menyelenggarakan simulasi terkait dengan debat kandidat Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palu yang akan dilaksanakan pada Hari Selasa (27/10/20) besok.

Simulasi dilakukan mengimgat debat yang dilaksanakan di tengah Pandemi Covid-19. Berdasarkan PKPU nomor 13 tahun 2020, yang dibolehkan hadir adalah pasangan calon sendiri dan 4 orang masing-masing tim kampanye.

Dalam hal ini, Agussalim Wahid selaku Ketua KPU Kota Palu kembali menegaskan bahwa, tidak diperbolehkan bagi para paslon untuk membawa massa ke tempat debat kandidat, tetapi KPU tetap memfasilitasi untuk para pendukung dengan melakukan live streaming di jejaring media sosial KPU dan beberapa media yang menyiarkan kegiatan tersebut seperti TVRI Palu dan RRI Palu.

“Saya kira sudah jelas, untuk tidak membenarkan bagi paslon untuk membawa massa ke lokasi kegiatan. Tetapi kami menyediakan live streaming untuk para pendukung paslon yang bisa mereka akses di jejaring sosial media yang KPU miliku serta TVRI Palu dan RRI Palu juga turut andil dalam menyiarkan debat besok,” ujar Agussalim, Senin (26/10/2020).

Ketua KPU Palu juga menjelaskan, dalam kegiatan debat kandidat besok KPU tidak menyediakan telekonferensi bagi masyarakat yang ingin bertanya. Karena KPU sebelumnya telah membuka usulan pertanyaan sejak 7 hari sebelum hari kegiatan.

“Untuk fasilitas telekonferensi, kami tidak membukanya. Karena sebelumnya kami telah membuka forum untuk masyarakat yang ingin menitipkan pertanyaan kepada para paslon,” ujar Agussalim.

Sebelum menutup penjelasannya, Agussalim mengatakan bahwa debat kandidat kali ini akan dibagi menjadi 5 segmen, yakni segmen pertama terkait dengan pemaparan serta penajaman visi dan misi paslon, segmen kedua pertanyaan dari tim pakar, segmen ketiga merupakan pertanyaan yang dilontarkan oleh paslon ke paslon lainnya, segmen keempat sanggahan dari tiap paslon, dan yang yang terakhir adalah closing statement para paslon.

“Dalam debat besok, kami menyediakan 5 segmen yaitu yang pertama pemaparan dan mempertajam visi misi, yang kedua pertanyaan yang berasal dari tim pakar, yang ketiga pertanyaan dari paslon untuk paslon lain, yang keempat sanggahan dari paslon dan yang terkahir closing statement para paslon,” tutupnya.***

Reporter: Muhamad Nizam

Berita terkait