KPU Palu Libatkan Mahasiswa, Penyortiran dan Pelipatan Surat Suara Hampir Rampung

  • Whatsapp
banner 728x90

Palu,- Proses penyortiran dan pelipatan surat suara oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu untuk Pilkada serentak 2020 yang berlangsung di Gudang logistik KPU di GOR Siranindi Jalan Moh. Yamin, hampir rampung dengan melibatkan sekitar 85 orang tenaga lipat dari kalangan mahasiswa.

Ketua KPU Kota Palu, Agussalim Wahid mengatakan, surat suara yang akan disortir dan dilipat sebanyak 257.234 lembar sesuai dengan kebutuhan. Proses ini telah berlangsung sejak Sabtu (21/11/2020) dan diperkirakan akan rampung lebih cepat dari jadwal yang ditentukan.

“Dalam proses pelipatan ini, kita melibatkan para mahasiswa yang terdaftar sebanyak 100 orang namun yang aktif dari hari pertama dan sampai hari ini hanya sekitar 85 orang. Namun, hal tersebut tak menganggu proses sortir dan pelipatan surat suara, karena memang sebagian mahasiswa yang terlibat kali ini adalah mahasiswa yang juga terlibat pada tahun lalu,” ujar Agussalim Wahid.

Ia melanjutkan, awalnya untuk surat suara Pilwalkot diagendakan tiga hari dan untuk Pilgub juga tiga hari. Tetapi masuk di hari kedua surat suara Pilwalkot sudah selesai dan sekarang telah masuk ke pelipatan dan penyortiran surat suara Pilgub. Setelah tahap ini selesai, pihak KPU Palu akan melakukan rekap dan melaporkan jumlah surat suara yang rusak.

“Jadi untuk surat suara yang rusak sampai saat ini, saya belum bisa pastikan jumlahnya karena belum dilakukan penghitungan yang jelas. Tapi ketika semuanya sudah selesai kita akan menghitung berapa banyak surat suara yg rusak karena itu akan kami jadikan laporan,” pungkasnya.***

Reporter: Windy Kartika

banner 780x80

Pos terkait

banner 780x80