Pilkada di Tengah Pandemi, Begini Simulasi Pemungutan dan Perhitungan Suara

banner 728x90

Palu,- KPU Provinsi Sulawesi Tengah bekerjasama dengan KPU Kota Palu menggelar kegiatan simulasi pemungutan dan perhitungan suara serta penggunaan sirekap dalam Pilkada serentak 2020 dengan protokol kesehatan Covid-19 di Lapangan Vatulemo Kota Palu, Sabtu (21/11/2020).

Kegiatan ini dihadiri oleh pihak KPU Kabupaten/Kota se-Provinsi Sulawesi Tengah, Pihak Bawaslu, para anggota KPPS dan saksi-saksi para pasangan calon Gubernur, Wali Kota dan Bupati.

Iskandar Lemba selaku Koordinator Divisi Teknis KPU Kota Palu menjelaskan bahwa, kegiatan ini bertujuan untuk dapat mengetahui serta mengevaluasi terkait hal-hal yang akan menjadi hambatan dalam pelaksanaan pilkada nantinya.

“Kegiatan simulasi ini kami buat bertujuan untuk agar kami pihak penyelenggara Pilkada Serentak dapat mengetahui serta mengevaluasi kendala-kendala yang akan terjadi pada saat pelaksanaan pilkada nanti,” ujar Iskandar Lemba.

Dalam hal ini, pelaksanaan Pilkada agak berbeda dari sebelumnya, pihak KPU menganjurkan selama proses pemilihan nanti, harus diberikan selang waktu guna mensterilkan lokasi pemilihan atau TPS demi mencegah penuralan wabah Covid-19.

“Kami telah menganjurkan kepada seluruh pihak penyelenggara pilkada nantinya untuk membuat selang waktu untuk mensterilkan lokasi atau TPS seperti menyemprotkan desinfektan, dan lain sebagainya, hal ini guna mencegah terjadinya penularan covid-19 saat Pilkada,” jelas Iskandar Lemba.

Beliau juga menjelaskan bahwa, kegiatan pelaksaan simulasi Pilkada serentak, akan dilaksanakan sebanyak 3 kali untuk meminimalisir kendala yang akan terjadi nantinya.

“Kami akan membuat kegiatan serupa sebanyak 3 kali, untuk waktunya sendiri, nanti akan kami beritahu kepada teman-teman media. Hal ini guna meminimalisir kendala yang akan terjadi pada saat pelaksanaan pilkada serentak nantinya,” tutupnya.***

Reporter: Muhamad Nizam

banner 300x90

Pos terkait

banner 580x60