Prestasi di Tengah Pandemi, Gubernur: Pertama Kali Semua Pemda di Sulteng Raih WTP

  • Whatsapp
Foto: ist

Palu,- Tahun 2020 terasa spesial bagi semua pemerintah daerah se Sulteng. Meski identik dengan tahun pandemi Covid-19 akan tetapi baru sekarang semua pemda sukses meraih opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) atas hasil pemeriksaan LKPD (Laporan Keuangan Pemerintah Daerah) Tahun Anggaran 2019.

“Alhamdulillah untuk yang pertama kalinya LKPD provinsi, kabupaten dan kota se Sulawesi Tengah secara keseluruhan memperoleh WTP,” kata Gubernur Sulteng, Longki Djanggola, m dengan nada puas saat Ia menerima piagam penghargaan opini WTP Tahun 2019 dan plakat capaian WTP 5 kali berturut-turut dari Kakanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulteng, Irfa Ampri, Kamis (12/11/2929) di gedung Pogombo.

Kegiatan dengan penerapan protokol kesehatan itu turut dihadiri para bupati dan Pjs se Sulteng, serta Plt Walikota Palu Sigit Purnomo Said, forkopimda dan OPD lingkup provinsi.
Hal paling membanggakan di benak gubernur adalah raihan 7 kali WTP, termasuk didalamnya prestasi 6 kali berturut-turut WTP atas hasil pemeriksaan LKPD TA 2014 sampai 2019.

“Saya bermimpi tahun depan (2021) tetap WTP dan Insya Allah ini tanggungjawab kita bersama dan pertanggungjawaban kita kepada masyarakat,” harap gubernur yang mendambakan WTP ke-7 berturut-turut di akhir kepemimpinannya.

Pada kesempatan itu, gubernur mewanti supaya semua pemangku kepentingan mempertahankan pengelolaan keuangan daerah tetap akuntabel mengingat pandemi yang belum pasti kapan akan berakhir.

“Tahun depan mungkin kita masih dihadapkan dengan kondisi pandemi Covid-19 jadi jangan pernah berpikir ini adalah kondisi sementara untuk beberapa bulan,” tegasnya mengingatkan.

Untuk itu, sosialisasi dan pelaksanaan protokol kesehatan 3M mesti dijadikan prioritas seperti lomba video inovasi new normal, produktif dan aman Covid-19 yang diprakarsai Badan Penelitian, Inovasi dan Pengembangan (BPIP) provinsi.

“Melalui kompetisi simulasi protokol yang disusun dalam bentuk video sehingga dapat dijadikan ajang sosialisasi serta memotivasi masyarakat, pemda dan dunia usaha agar patuh juga beradaptasi pada tatanan new normal yang produktif dan aman dari covid-19,” saran gubernur diantara isi sambutan yang mana kedua acara digabung jadi satu acara.

Kepada pemenang lomba video inovasi new normal, kemudian menerima bonus secara simbolis dari gubernur.
Sementara Kepala Kanwil Irfa Ampri menambahkan bahwa jumlah pemda peraih opini WTP tahun ini mengalami kenaikan signifikan dibandingkan periode lalu.

Dari data kementerian keuangan, 486 dari 542 atau setara 89,7% pemda meraih opini WTP atas hasil pemeriksaan LKPD TA 2019, yang meliputi 34 pemprov, 87 pemkot dan 365 pemkab se Indonesia.

Bila dibandingkan tahun 2018, keberhasilan pemda yang meraih opini WTP atas LKPD 2019 meningkat 7.9 %.
Ia pun mengharap prestasi yang sudah ditorehkan dapat terus dipertahankan dan Sulteng dapat menjadi contoh keberhasilan pengelolaan keuangan daerah bagi pemda lainnya.

“Semoga dapat memotivasi pemda lainnya dalam mengelola keuangan daerah secara akuntabel, transparan dan partisipatif,” pungkasnya. ***

Sumber: Ro Humas dan Protokol Setdaprov Sulteng

Berita terkait