Untad Dorong Penerapan Teknologi Usaha Tani Terintegrasi Tanaman dan Ternak di UPTD Bulupountu Jaya

  • Whatsapp
banner 728x90

Sigi,- Melalui Program Kemitraan Masyarakat (PKM), tim Dosen dari Universitas Tadulako (Untad) melakukan Penerapan Teknologi Usahatani Terintegrasi Tanaman dan Ternak untuk Meningkatkan Ketahanan Ekonomi Masyarakat di UPTD Bulupountu Jaya tepatnya di Kecamatan Sigi-Biromaru Kabupaten Sigi.

Dalam PKM ini, tim Dosen Pengabdi diketuai oleh Dr. Ir. Abdul Syakur, M.Si. dari Fakultas Pertanian Untad dan anggota tim Dr. Ir. Haerani Maksum M.P. M.P, dari Fakultas Peternakan dan Perikanan Untad.

Menurut Ketua Tim Pengabdi, Dr. Ir. Abdul Syakur, M.Si, masyarakat di UPTD Bulupountu Jaya  dikenal memiliki daerah yang kaya dengan potensi sumberdaya alam diantaranya sumberdaya pertanian, hortikultura dan peternakan.

“Program PKM bertujuan untuk mendampingi masyarakat dalam penerapan teknologi usaha tani terintegrasi tanaman dan ternak untuk meningkatkan ketahanan ekonomi masyarakat khususnya bagi anggota kelompok tani “Usaha Bersama” yang menjadi mitra dalam pelaksanaan PKM ini,” ujar Dr. Ir. Abdul Syakur, M.Si, Rabu (25/11/2020).

Ia melanjutkan, dengan pelatihan dan penerapan teknologi usaha tani terpadu dan terintegrasi tersebut, masyarakat diharapkan dapat menerapkan dalam kegiatan usaha taninya secara berkelanjutan.

“Pelatihan yang dilaksanakan melalui pengabdian kepada masyarakat ini adalah pelatihan pengembangan pupuk organik, baik organik padat (granuler) maupun pupuk organik cair (POC) biourin dan biokultur urin sapi, pelatihan teknik budidaya berbagai tanaman pangan dan horti, dan demplot budidaya tanaman pangan dan horti,” jelas Ketua Tim Pengabdi.

Adapun hasil capaian program, kata Dr. Ir. Abdul Syakur, M.Si, yaitu peningkatan kapasitas masyarakat, pelaksanaan pelatihan penyiapan sarana produksi pertanian, perbaikan kandang ternak dan demplot integrasi tanaman dan ternak.

“Dengan selesainya kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, tim pelaksana menyampaikan terima kasih kepada Direktorat Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Sesuai dengan Perjanjian Penugasan Pelaksanaan Program Pengabdian Masyarakat Nomor: 091/SP2H/PPM/DRPM/2020, tanggal 16 Maret 2020,” tutur Dr. Ir. Abdul Syakur, M.Si diakhir pernyataannya.***

Sumber: Tim PKM Untad

Berita terkait