Jelang Akhir Tahun, Harga Kebutuhan Pokok di Pasar Mulai Naik

  • Whatsapp
banner 728x90

Palu,- Harga sejumlah barang kebutuhan pokok mulai merangkak naik menjelang Hari Natal dan tahun baru 2021. Meski demikian, para pedagang di Pasar Masomba mengatakan bahwa kenaikan harga tersebut sudah biasa terjadi, ketika menjelang hari-hari besar umat beragama.

Faisal (25) salah satu pedagang di Pasar Masomba menjelaskan bahwa harga-harga yang naik seperti bawang merah bawang putih dan telur sementara kalau untuk bahan pokok lainnya belum ada kenaikan yang begitu melonjak.

“Biasanya harga bawang bawangan 1 kg-nya hanya sekitar Rp18 ribuan, tapi sejak menjelang natal dan tahun baru harga bawang bisa mencapai Rp30 ribuan perkg-nya. Telur juga ikut mengalami kenaikan harga biasanya 1 rak telur harganya Rp38 ribu sampai Rp39 ribu kalau untuk sekarang 1 rak telur mencapai Rp44 ribu dan itu tergantung pada ukurannya,” ujarnya, Selasa (08/12/2020).

Di sisi lain terdapat juga kenaikan harga dari daging ayam potong, salah seorang pedagang ayam potong mengatakan saat hari-hari biasa ayam-ayam yang terjualan kisaran 50 ekor perhari tapi saat natal atau perayaan hari raya lainnya bisa terjual sampai ratusan ekor perhari.

“Kalau untuk sekarang harga 1 kilo ayam mencapai Rp28 ribu perkg-nya dan untuk sebelumnya harganya sekitar Rp21 ribu perkg-nya. Dan kalau untuk 1 ekor ayam sekarang kita menjual sekitar Rp65 ribu per ekornya. Kalau untuk ayam sendiri memang sering mengalami kenaikan harga itu tergantung dari pemasok ayamnya itu sendiri. Karena kami disini tidak berternak langsung ayam-ayamnya melainkan kami membeli dari orang-orang yang beternak ayam,” tutupnya. ***

Reporter: Windy Kartika

Berita terkait