Anleg Dekot Tanyakan ASN Belum Gajian, Ini Penjelasan Pemkot Palu

  • Whatsapp
Fto: Mohamad Rizal/ist
banner 728x90

Palu,- Ribuan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bekerja dilingkup Pemerintahan Kota Palu, belum menerima gaji pada bulan Januari 2021. Hal itu menjadi salah satu pertanyaan pimpinan rapat Badan Musyawarah (Banmus) Mohamad Rizal kepada pihak Pemkot Palu, Rabu (20/01/2021) di ruang utama kantor DPRD Kota Palu.

“Sekurangnya 8000 pegawai di Kota Palu hingga saat ini belum menerima gaji bulan Januari. Terkait dengan sistim SIPD,” pungkas Mohamad Rizal.

Menyikapi hal itu, bagian keuangan Pemkot Palu, Suraji menjelaskan bahwa administrasi keuangan pada periode lalu, mengalami perubahan. Termasuk sistim yang diterapkan saat ini (SIPD) yang sangat rumit. Meskipun demikian adanya, Pemkot Palu tetap berkomitmen melaksanakan apa yang menjadi aturan yang telah ditetapkan oleh Departemen Dalam Negeri.

“Untuk gaji ASN, pada dasarnya diawal bulan Januari sebenarnya telah siap. Meskipun dalam melakukan rekap menggunakan perangkat manual. Karena memang kami belum bisa masuk kedalam penata usahaanya. Sebab tahapannya belum memungkinkan,” ujarnya.

Setelah menyiapkan semua data-datanya untuk pembayaran gaji ASN di bulan Januari 2021 lanjut Suraji, transfer dana DAU dari pusat mengalami keterlambatan.

“Alhamdulilah, tanggal 18 Januari kemarin, transfer dananya sudah masuk. Hari ini kami akan melakukan kliring di Bank BRI untuk gaji bulan ini,” akunya.***

Reporter: Firmansyah Lawawi

Berita terkait