Belum Genap Tiga Tahun, Mall Satu-Satunya di Sulbar Dirusak Gempa

  • Whatsapp
Mall Maleo Town Square (Matos) rusak parah akibat gempa @Kailipostcom/Indra setiawan
banner 728x90

Mamuju,- Mall Maleo Town Square (Matos) yang berada di jalan Yos Sudarso, Kelurahan Binanga, Mamuju, merupakan mall pertama dan satu-satunya yang ada di Sulawesi Barat (Sulbar) rusak cukup parah akibat guncangan gempa Magnitudo (M) 6,2 pada Jum’at (15/01/2021) dini hari tiga hari yang lalu.

Diketahui, Mall yang berada dibawah management Matahari Departemen Store (MDS) tersebut pertama diresmikan pada 9 Maret 2018 silam, yang artinya baru akan berusia 3 tahun pada Maret 2021. Terbilang cukup baru untuk bangunan sekelas pusat perbelanjaan seperti ini.

Pantauan kailipost.com di lokasi Mall Matos, Minggu (17/01/2021), terlihat pihak Kepolisian melakukan penjagaan ketat dan memberi garis polisi sehingga tidak semua orang bisa memasuki lokasi itu. Ini adalah upaya antisipasi agar tidak terjadinya penjarahan di Pusat Perbelanjaan itu seperti yang terjadi 2 tahun silam di Palu, Sulteng.

Dari jarak 50 meter, terlihat dengan jelas bangunan Mall mengalami kerusakan. Mulai dari dinding bangunan yang runtuh dan pintu masuk utama yang hancur dengan puing-puing bangunan masih berserakan.

Saat ini, masyarakat Mamuju, Sulbar harus bersabar untuk dapat kembali menikmati, berlibur, hingga berbelanja di Pusat Perbelanjaan yang menjadi indikator perubahan majunya wilayah Mamuju.

Hingga saat itu, belum diketahui kerusakan yang dialami di Mall kebanggaan masyarakat Sulbar apakah mengharuskan bangunan Mall di ratakan kembali dan dibangun ulang atau hanya melakukan renovasi terhadap kerusakan yang ada.***

Reporter: Indra Setiawan

Berita terkait